Pesawat eksperimental X-51A Waverider yang bisa mencapai lima kali kecepatan suara, tampak dalam foto digendong di sayap pembom B-52H Stratofortress.

California - Angkatan Udara Amerika Serikat telah mengembangan pesawat tanpa awak eksperimental yang mampu melesat lima kali kecepatan suara untuk meningkatkan kapasitas negara itu dalam melakukan serangan jarak jauh.

Pesawat ini diberi kode X-51A Waverider dan sudah diuji terbang dalam kecepatan hipersonik.

Foto pesawat tersebut dirilis oleh kantor berita The Associated Press Jumat (3/5) waktu setempat atau Sabtu dinihari WIB dan tampak digendong di sayap kiri pesawat pembom B-52H Stratofortress.

Disebutkan dalam keterangan foto kalau X-51A bersiap melakukan peluncuran keempat atau yang terakhir melintasi Samudera Pasifik hari Rabu (1/5) lalu.

Mengutip pihak Angkatan Udara, AP menyebutkan pesawat ini diuji dari wilayah lepas pantai selatan California dan mencapai kecepatan 3.000 mil (4.800 km) per jam.

Angkata Udara AS telah membelanjakan US$ 300 juta (Rp 2,9 triliun) untuk meneliti teknologi scramjet yang diharapkan bisa dipakai untuk melakukan serangan di wilayah mana pun di bumi dalam waktu beberapa menit saja.

 

Penulis: Heru Andriyanto/HA

Sumber:The Associated Press