Lapan Akan Bangun Bank Data Penginderaan Jauh Nasional

()

Oleh: Yosi Winosa | Rabu, 10 Sepember 2014 | 18:12 WIB

Jakarta - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) berencana membangun bank data penginderaan jauh nasional. Bank data tersebut diyakini dapat menambah sumber data pemerintah dalam mengatasi isu lingkungan dan sumber daya alam (SDA).

Minimnya data satelit yang terdigitalisasi membuat pemerintah kerap kesulitan dalam memonitor dampak perubahan iklim akibat deforestasi dan emisi hutan.

"Pemanfaatan data dan teknologi satelit penginderaan jauh untuk menangani isu lingkungan masih belum maksimal, apalagi yang sudah berbentuk digital, untuk Lapan akan buat bank data penginderaan jauh," kata kepala Lapan, Thomas Djamaluddin kepada Beritasatu.com, Rabu (10/9).

Terinspirasi dari fasilitas data satelit digital yang disediakan University of Maryland, Lapan ingin menciptakan fasilitas pemantauan satelit Indonesia dengan membuat data digital sehingga bisa diakses untuk masyarakat umum sesuai prinsip keterbukaan informasi.

Nantinya bank data tersebut tidak hanya dapat digunakan untuk pengendalian akibat dampak perubahan lingkungan (deforestasi dan emisi hutan), tetapi juga bisa melihat distribusi potensi sumber daya alam Indonesia.

Lapan juga akan meningkatkan teknologi Lapan Surveillance Unmanned Aerial Vehicle (UAV)-pesawat tanpa awak (LSU) dari tingkat 03 menjadi 05 agar citra yang didapat lebih jelas tanpa terganggu penampakan awan.


Sumber:
ARTIKEL TERKAIT