Under Armor Sebut 150 Juta Akun MyFitnessPal Diretas

Under Armor Sebut 150 Juta Akun MyFitnessPal Diretas
Ilustrasi Aplikasi MyFitnessPal milik Under Armor. ( Foto: ZDNet )
Feriawan Hidayat / FER Jumat, 30 Maret 2018 | 09:33 WIB

Baltimore - Under Armor Inc menyatakan, rincian data pribadi dari sekitar 150 juta akun pengguna aplikasi MyFitnessPal telah diretas.

Dalam pernyataan resminya, Kamis (29/3) waktu setempat, pihak Under Armor Inc menyatakan, data yang dicuri termasuk nama pengguna akun, alamat email, dan kata sandi untuk aplikasi dan situs web mobile MyFitnessPal. Sementara, nomor jaminan sosial, SIM, dan data kartu pembayaran, tidak berhasil diretas.

Menurut SecurityScorecard, peristiwa ini merupakan aksi peretasan data terbesar yang terjadi pada tahun ini, dan menjadi salah satu dari lima teratas dalam hal jumlah data yang dicuri.

Laman LeakedSource menyebutkan, aksi peretasan yang terbesar mencakup 3 miliar akun Yahoo yang terjadi pada tahun 2013, dan lebih dari 412 juta pengguna situs web dewasa yang dijalankan oleh FriendFinder Networks Inc yang berbasis di California, pada tahun 2016.

Pihak Under Armor mengatakan, mereka telah menjalin kerja sama dengan perusahaan keamanan data dan penegak hukum untuk menyikapi kejadian ini. Namun, pihak perusahaan tidak memberikan rincian tentang bagaimana peretas dapat masuk ke jaringan mereka dan mengambil data tanpa diketahui.

Meskipun aksi peretasan ini tidak mencakup data keuangan dari kalangan pengguna aplikasi tersebut, banyaknya alamat email yang dicuri dinilai dapat bermanfaat bagi kalangan penjahat siber.

Alamat email yang diambil dalam serangan 2014, telah mengganggu data 83 juta pelanggan JPMorgan Chase yang digunakan untuk meningkatkan harga saham, menurut dakwaan federal AS dalam kasus ini pada tahun 2015.

Dalam pengumuman resminya, pihak Under Armor sendiri telah meminta kalangan pengguna MyFitnessPal untuk mengubah kata sandi dan mendesak pengguna untuk segera melakukannya.

"Kami terus memantau aktivitas yang mencurigakan dan telah berkoordinasi dengan otoritas penegak hukum," kata pihak perusahaan, sambil menambahkan mereka telah memperkuat sistem deteksi dan mencegah akses tidak sah ke dalam sistem informasi pengguna.

Under Armour membeli MyFitnessPal pada 2015 dengan harga US$ 475 juta. Tahun lalu, nilai pendapatan usaha dari divisi kebugaran ini, menyumbang 1,8 persen dari total penjualan Under Armour sebesar US$ 5 miliar.



Sumber: Reuters