Ini Spesifikasi Asus ZenFone 5

Ini Spesifikasi Asus ZenFone 5
Asus ZenFone 5. ( Foto: BeritaSatu Photo / Herman )
Herman / YUD Kamis, 17 Mei 2018 | 16:18 WIB

Jakarta - Asus Indonesia telah resmi meluncurkan ZenFone 5, salah satu smartphone paling canggih yang dimiliki Asus. Perangkat ini memiliki desain premium dan menawarkan pengalaman Artificial Intelligence (AI) yang lebih kongkret dengan kualitas kamera yang lebih baik.

Dari sisi desain, ZenFone 5 diciptakan menggunakan material berbahan kaca yang dibuat dengan nano molding technology (NMT), melapisi body berbahan alluminium alloy aerospace grade di bawahnya.

Layar smartphone ini memiliki resolusi Full HD+ dengan notch atau "poni" di bagian atas. Secara keseluruhan, luas penampang layarnya 6,2 inci yang dikemas dalam tubuh 5,5 inci. ZenFone 5 mempunyai aspek rasio 19:9 dengan screen to body ratio 90 persen. Artinya Asus ZenFone 5 ini hampir tidak memiliki bezel sama sekali.

Sejak diperkenalkan pada gelaran Mobile World Congress (MWC) di Barcelona pada Februari 2018 lalu, ZenFone 5 digadang-gadang sebagai smartphone dengan segudang kecanggihan di dalamnya, termasuk di dalamnya adalah pemanfatan teknologi AI.

"AI melekat pada setiap fitur di ZenFone 5, seperti misalnya pada kamera, baterai performa, hingga ringtone," kata Country Marketing Manager Asus Indonesia, Galip Fu, di peluncuran ZenFone 5, di Jakarta, Kamis (17/5).

Pada fitur kamera, lanjut Galip, teknologi AI membuat hasil foto menjadi lebih baik. Misalnya ketika ingin memotret objek dari dekat seperti dedaunan atau hewan peliharaan. Tanpa perlu pusing melakukan setting khusus pada kamera, teknologi AI akan mengenali objek apa yang Anda ingin foto untuk kemudian membuat hasil fotonya memiliki saturasi warna yang pas, tajam, dan jelas.

ZenFone 5 memiliki kamera ganda pada bagian belakang dengan resolusi 12MP (f/1.8) dan 8MP (f/2.0), sementara kamera depannya 8MP (f/2.0). Kamera tersebut telah dilengkapi 16 AI Camera Mode, AI Photo Learning, dan Real-Time Beautification.

Untuk dapur pacunya, ZenFone 5 telah dilengkapi dengan System on Chip (SoC) Snapdragon 636, yang diklaim menawarkan performa hingga 75 persen lebih tinggi dari Snapdragon 625. Prosesor tersebut didukung oleh RAM 4GB dengan kapasitas internal memory 64GB, serta sistem operasi Android O dengan new Asus ZenUI 5.0.

Prosesor terbaru Qualcomm ini memiliki teknologi fabrikasi 14nm untuk membuatnya lebih efisien dan hemat dalam hal performa. Ada 8 buah core prosesor yang siap dan cepat menjalankan intruksi yang diberikan untuk memroses sebuah informasi. Untuk urusan grafis, ZenFone 5 memiliki dukungan chipset Adreno 509 yang performanya meningkat 10 persen lebih baik dibandingkan versi 308.

"Asus ZenFone 5 juga sudah dibekali teknologi quick charge dan AI Charging untuk membuat masa pemakaian baterainya bertahan lebih panjang. Dengan baterai sebesar 3.300mAh, perangkat ini telah disupport adapter 18W untuk memaksimalkan proses pengisian baterai," papar Galip.

Di Indonesia, Asus ZenFone 5 dibanderol Rp 4.299.000. Ada juga versi yang lebih tinggi yakni ZenFone 5z dengan dua pilihan harga, yaitu Rp 6.499.000 (RAM 6GB/ROM 128GB) dan Rp 7.499.000 (RAM 8GB/ROM 256GB).



Sumber: BeritaSatu.com