Foto yang dirilis ESA pada 14 des 2010 menggambarkan bola gas di galaxy tetangga Bima Sakti yang timbul setelah ledakan supernova.
Butuh empat miliar tahun untuk terjadi

Badan antariksa Amerika Serikat (NASA), Kamis (31/5) meramalkan galaxy Bima Sakti tempat kita berada akan bertabrakan dengan galaxy tetangga, Andromeda dalam waktu empat miliar mendatang.

Sebelumnya para astronom telah mengetahui bahwa kedua galaxy yang saling bertetangga ini akan bertabrakan, tetapi mereka belum bisa menentuka kapan tepanya tabrakan itu terjadi. Mereka hanya menduga tabrakan itu akan terjadi dalam tiga sampai enam tahun.

Tetapi setelah melakukan penelitian bertahun-tahun secara teliti menggunakan teleskop antariksa Hubble untuk mengikuti jejak Andromeda maka para astronom bisa memastkan kapan tabrakan itu berlangsung.

"Tabrakan itu butuh empat miliar tahun untuk terjadi," kata NASA dalam pernyataanya.

Setelah tabrakan awal butuh waktu dua miliar tahun lagi untuk bagi galaxy itu benar-benar bersatu sesuai daya gravitasi masing-masing dan akhirnya membentuk sebuah galaksi baru yang berbentuk elips.

NASA menduga planet-planet dalam dua galaxy tidak akan saling bertabrakan , tetapi akan saling menarik sehingga terlempar ke orbit yang baru.

Sejak lama para astronom mengetahui bahwa Andromeda yang juga dikenal sebagai M31 terus bergerak ke arah Bima Sakti dalam kecepatan 402.000 kilometer per jam, kecepatan yang cukup untuk membawa manusia ke bulan hanya dalam sejam.

Meski demikian sifat tabrakan itu kelak sangat tergantung pada gerakan sisi terluar galaxy dan pola gerakannya baru terlihat jelas sampai setidaknya 100 tahun sebelum tabrakan.

Andromeda pertama kali demukan oleh astronom Persia bernama bernama Abdul Rahman Al Sufi pada tahun 964.

Penulis: