Perburuan hiu untuk konsumsi siripnya menjadi salah satu penyebab kian punahnya hiu.

Oslo - Berbagai upaya perlindungan telah gagal menghentikan penangkapan 100 juta lebih ikan hiu per tahun. Sekarang, sepertiga dari jenis hiu terancam punah.

Kebanyakan hiu ditangkap untuk diambil siripnya sebagai bahan utama sup sirip hiu, salah satu jenis sajian yang banyak ditemukan di Asia.

Sirip-sirip hiu itu diiris, bahkan seringkali ikan yang masih hidup dilempar begitu saja sampai mati lemas atau dimangsa hewan lain.

Perlindungan hiu sebagai satwa langka kurang berhasil, karena bila dibandingkan dengan satwa lain seperti panda atau singa, hiu kurang dicintai orang karena sering diberitakan membunuh manusia di lautan.

Diperkirakan sebanyak 97 juta hiu yang keseluruhannya berbobot 1,41 juta ton telah ditangkap pada 2010, jumlah ini menurun dibandingkan 100 juta ekor hiu yang ditangkap sepanjang tahun 2000, demikian hasil penelitian jurnal Marine Policy.

"Kita sekarang menjadi predator. Peringkat manusia sebagai pemangsa hiu naik tak terbendung," kata Elizabeth Wilson, manager perlindungan hiu global di The Pew Charitable Trust.

Pertemuan 170 negara di Bangkok pada 3-14 Maret ini akan mempertimbangkan pembatasan perdagangan hiu martil, hiu ujung putih, hiu probeagle karena jenis-jenis tersebut sudah terlalu banyak diburu. Sementara itu hiu putih, hiu macan dan hiu basking sudah lama dilindungi.

"Masih banyak yang harus dilakukan. Sejumlah jenis hiu benar-benar sudah terancam," ujar Boris Worm, ahli biologi laut dari universitas Dalhousie, Kanada, yang mengepalai tim penulis beranggotakan para ahli dari Kanada dan Amerika Serikat.

Permintaan sirip hiu untuk sup di Asia menjadi pemicu utama perburuan hiu, termasuk juga untuk permintaan daging, minyak hati, dan tulang rawannya.

Penurunan jumah penangkapan yang masih kecil dari tahun 2000 hingga 2010 mungkin merupakan pertanda baik penerapan denda terhadap pelanggaran larangan menangkap hiu di AS, Kanada, Eropa dan Australia dalam satu dasawarsa terakhir, kata Worm.

China berencana mencoret menu sup sirip hiu untuk jamuan resmi.

Tetapi bisa jadi, langkah ini menjadi pertanda bahwa ikan hiu semakin sulit didapat karena jumlahnya yang semakin sedikit di lautan, kata Worm.

Hiu telah membunuh tujuh manusia di seluruh dunia dalam serangan sepanjang 2012, jumlah itu menurun dibanding 13 korban terkaman hiu sepanjang 2011, jumlah itu di atas rata-rata 4,4 korban antara 2001-2010, menurut data serangan hiu secara internasional yang dikumpulkan oleh Universitas Florida.

Pada Rabu lalu seorang warga Selandia Baru mati diserang hiu putih raksasa.

Diperkirakan 6,4 hingga 7,9 persen dari populasi hiu di seluruh dunia ditangkap setiap tahun, menghabiskan secara perlahan satwa ini, sementara pertumbuhan kembali setiap tahun rata-rata adalah 4,9 persen.

Di seluruh dunia diperkirakan terdapat sekitar 500 jenis hiu dengan variasi dari yang kerdil sekuran telapak tangan hingga hiu macan yang dapat tumbuh menjadi ikan terbesar di samudra yang bisa mencapai 12 meter, sepanjang badan bus.

Menurut Persatuan Konservasi Alam Internasional, sepertiga dari jenis hiu itu berisiko punah.

Penulis: /NAD

Sumber:Antara