Bali Berbenah Jelang Pertemuan IMF-Bank Dunia

Bali Berbenah Jelang Pertemuan IMF-Bank Dunia
Ilustrasi IMF ( Foto: Istimewa )
I Nyoman Mardika / WBP Selasa, 27 Februari 2018 | 11:06 WIB

Denpasar - Menjelang pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF) dan Bank Dunia (World Bank) di Nusa Dua, Bali pada Oktober 2018 mendatang, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) terus melakukan pengembangan dan peningkatan fasilitas.

"Kami menargetkan, seluruh sarana prasarana yang ditambah dan diperbaiki bisa selesai sebelum bulan September mendatang," kata Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer, di Nusa Dua, Bali, Selasa (27/2).

Abdulbar menjelaskan, sejumlah fasilitas yang disempurnakan antara lain kawasan Waterblow, penataan kawasan Pulau Peninsula, perbaikan bangunan gedung, dan akses masuk menuju kawasan Nusa Dua. "Kami juga sedang membangun sebuah fasilitas baru yaitu Crea atau creative office yang akan mendukung kegiatan bisnis di kawasan ini," katanya.

Ia mengatakan, di kawasan Crea nantinya akan dilengkapi fasilitas seperti lounge untuk maskapai penerbangan Garuda Indonesia, fasilitas bank terpadu dan fasilitas co-working space yang dapat disewa sejumlah perusahaan startup. "Kami juga akan mengajak sejumlah BUMN untuk mengisi fasilitas Crea. Nantinya fasilitas ini juga akan dapat digunakan saat pertemuan IMF-World Bank," ujarnya.

Terkait keamanan selama kegiatan sidang tahunan Abdulbar M. Mansoer mengatakan, pihaknya akan membangun command center sebagai pusat keamanan terpadu untuk menjamin kegiatan pertemuan dunia itu dapat berlangsung aman. "Jumlah delegasi yang menghadiri pertemuan IMF-World Bank dua kali lebih banyak dari KTT APEC 2013 yang pernah digelar di Bali. Oleh karena itu, kami akan terus meningkatkan fasilitas keamanan, salah satunya dengan membangun command center," katanya.



Sumber: Suara Pembaruan