Sandiaga Ingin Keluarkan Panduan Kesehatan Terkait Kualitas Udara

Sandiaga Ingin Keluarkan Panduan Kesehatan Terkait Kualitas Udara
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno ( Foto: Beritasatu Tv )
Lenny Tristia Tambun / BW Kamis, 17 Mei 2018 | 22:50 WIB

Jakarta - Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno menginginkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dapat mengeluarkan panduan kesehatan terkait kualitas udara di Jakarta.

Dikatakan, panduan kesehatan atau health advisory ini dapat digunakan sebagai panduan bagi olahragawan yang ingin melakukan olahraga outdoor seperti berlari dan bersepeda. Hal itu karena olahraga lari dan sepeda membutuhkan oksigen yang banyak.

“Kita sekarang lagi berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup. Apakah kita harus mengeluarkan health advisory, yaitu dengan kualitas udara yang buruk ini apakah masih dianjurkan orang-orang seperti saya berolahraga di luar seperti lari pagi dan bersepeda. Kalau olahraga luar kan mengambil oksigen banyak sekali,” kata Sandiaga di Balai Kota DKI, Jakarta, Kamis (17/5).

Hal itu disampaikan karena Kota Jakarta akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Agustus mendatang. Asian Games akan memperlombakan lari maraton, sehingga kualitas udara di Jakarta harus dipastikan baik saat maraton digelar.

Karena itu, ia menyambut baik langkah yang dilakukan PT Jakarta Utilitas Propertindo (JUP), anak perusahaan PT Jakarta Propertindo (Jakpro), yang meluncurkan program baru, JakproGas Converter Kit Utilization Program (Jack Up) yang dilakukan di SPBG JakproGas, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jakarta Timur, Rabu (16/5).

“Jakpro me-launching program langit biru untuk bahan bakar kendaraan berbasis gas. Seperti kita ketahui Jakarta menjadi juara dunia untuk hal yang salah, yaitu kita nomor satu dari indeks kualitas terburuk udara. Mengalahkan Lahore, Dhaka, dan Beijing,” ujarnya.

Dengan demikian, Pemprov DKI mendorong bahan bakar kendaraan bermotor, khususnya transportasi massal ke depan harus menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan.

Menurutnya, program ini membantu masyarakat yang memiliki usaha transportasi umum untuk mengikuti program Jack Up dengan membagikan konverter kit dengan skema down payment (DP) Rp 0.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE