Kapolda: Arus Mudik di Bali Berjalan Lancar

Kapolda: Arus Mudik di Bali Berjalan Lancar
Kapolda Bali Irjen Petrus Golose ( Foto: istimewa )
I Nyoman Mardika / FER Rabu, 13 Juni 2018 | 23:33 WIB

Denpasar - Kapolda Bali, Irjen Pol Petrus R Golose, menilai, arus mudik di wilayah provinsi Bali berjalan lancar. Lancarnya arus mudik dinilai berkat kesigapan petugas di lapangan, sehingga pemudik merasa aman dan nyaman.

"Meskipun dari data pemudik yang keluar Bali meningkat 15 persen dibanding tahun sebelumnya, arus lalu lintas berjalan relatif lancar. Meningkatnya jumlah pemudik ini juga berarti ekonomi masyarakat bagus," kata Petrus, saat meninjau arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk, Rabu (13/6).

Petrus mengatakan, pihaknya telah memerintahkan seluruh anggota Polda Bali untuk turun ke lapangan, sehingga hampir di setiap 500 meter sepanjang jalur mudik Denpasar-Gilimanuk ada polisi yang berjaga. Sambil berjaga, menurutnya, polisi juga memberikan imbauan kepada pemudik terkait keselamatan di jalan raya, seperti larangan menaruh anak-anak pada posisi di depan.

"Menaruh anak-anak di depan baik dengan mobil apalagi sepeda motor sangat membahayakan. Khusus untuk pemudik yang membawa anak dengan mobil, kami imbau menaruh anaknya di belakang dengan dilengkapi sabuk pengaman," tegasnya.

Menurut Petrus, tugas kepolisian tidak hanya membuat arus mudik berlangsung lancar, namun juga waspada dari sisi keamanan dari pelaku tindak kejahatan. Pihaknya telah mengerahkan satuan Brimob, membentuk satuan tugas serta pasukan khusus dari satuan Sabhara yang disebar ke berbagai titik di Bali.

"Seluruh anggota Polda Bali saat ini dilarang cuti. Kalau mengajukan cuti, sekalian saja mengajukan surat pindah dari Bali," katanya sambil tertawa.



Sumber: Suara Pembaruan