DKI Lengang, Sandi Sebut 1,4 Juta Kendaraan Keluar Ibu Kota

DKI Lengang, Sandi Sebut 1,4 Juta Kendaraan Keluar Ibu Kota
Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno mencoba menaiki LRT di Stasiun Boulevard Raya Selatan, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis 14 Juni 2018. ( Foto: Beritasatu Photo / Lenny Tristia Tambun )
Lenny Tristia Tambun / WBP Kamis, 14 Juni 2018 | 18:43 WIB

Jakarta - Sehari sebelum Hari Raya Idulfitri 1439 Hijriah (H-1), arus lalu lintas di Jakarta lengang. Tak terlihat lagi kepadatan yang biasanya mewarnai Ibu Kota.

Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno mengungkapkan, dirinya hanya membutuhkan 20 menit dari rumah pribadinya di Jakarta Selatan, menuju Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara. “Puji syukur, di H-1 ini kita mulai merasakan lancarnya jalan di Jakarta. Tadi saya dari rumah hanya 20 menit. Ini rekor, nggak pernah terjadi sebelumnya ke Kelapa Gading dari Kebayoran Baru,” kata Sandiaga di stasiun LRT Boulevard, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (14/6).

Menurutnya, lengangnya Jakarta karena sekitar 1,4 juta kendaraan pribadi sudah keluar dari Jakarta.  Ia mengharapkan kondisi ini dapat terjadi saat transportasi publik seperti light rail transit (LRT) dan mass rapid transit (MRT) dapat beroperasi terintegrasi dengan bus Transjakarta dan commuter line.

“Hari ini contoh kira-kira nanti ke depan kalau warga Jakarta sudah meninggalkan kendaraan pribadinya dan memilih angkutan masal seperti LRT. Seperti inilah masa depan Jakarta. Simulasi ini adalah mimpi kita ke depan begini kalau MRT, LRT, busway BRT jalurnya sudah cukup lengkap dan terintegrasi,” terangnya.

Berdasarkan pantauan Beritasatu.com, beberapa ruas di Jakarta mulai sepi seperti di kawasan KH Mas Mansyur ke arah Pasar Tanah Abang. Biasanya, selama bulan Ramadan, kawasan ini dipadati kendaraan pribadi, sehingga kemacetan mengular tak dapat dihindari.

Namun hari ini sangat lengang. Hanya terlihat beberapa kendaraaan pribadi dan bus Transjakarta yang beroperasi di kedua sisi jalan. Adapun di sisi kiri jalan KH Mas Mansyur ke Tanah Abang sudah berdiri tujuh panggung untuk merayakan malam takbiran malam ini.

Kawasan KH Mas Mansyur menjadi salah satu tempat yang disediakan sebagai pusat lokasi kegiatan malam takbiran.



Sumber: BeritaSatu.com