Lawrence Haddad Terima Penghargaan World Food Prize

Lawrence Haddad Terima Penghargaan World Food Prize
Lawrence Haddad ( Foto: Flickr )
/ HA Selasa, 26 Juni 2018 | 21:36 WIB

Washington - Lawrence Haddad, Direktur Eksekutif Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN), mendapat penghargaan dari World Food Prize Foundation bersama dengan David Nabarro, mantan penasihat khusus untuk sekretaris jenderal PBB.

Menurut keterangan pers yang diterima redaksi, Selasa (26/6), penghargaan World Food Prize diberikan ke dua orang tersebut atas “kepemimpinan intelektual dan kebijakan yang luar biasa dalam mengedepankan masalah nutrisi ibu dan anak ke dalam agenda keamanan pangan global sehingga secara signifikan mampu mengurangi stunting pada anak”.

Penghargaan ini dinisiasi oleh pemenang Nobel Perdamaian Dr Norman E. Borlaug dan merupakan penghargaan internasional terkemuka dalam mengakui prestasi perorangan yang telah mengembangkan pembangunan manusia dengan memperbaiki kualitas, kuantitas, serta ketersediaan pangan di dunia.

Penghargaan diberikan Senin (25/6) waktu Washington.

Haddad adalah seorang ekonom yang telah bekerja memajukan keamanan pangan dan nutrisi selama tiga dekade, dimulai dengan kerja lapangan di Filipina di mana dia meneliti dampak komersialisasi pertanian terhadap tingkat nutrisi.

Dia sempat mengajar di University of Warwick selama tiga tahun, dan menjadi peneliti di International Food Policy Research Institute (IFPRI) di mana dia menjadi Direktur Konsumsi Pangan dan Divisi Nutrisi. Setelah itu dia memimpin lembaga terkemuka Institute for Development Studies (IDS) yang berbasis di Inggris. Pada 2014, dia menjadi salah satu pendiri Global Nutrition Report dan penulis utama laporan yang diterbitkan lembaga itu selama tiga tahun pertama.

“Saya merasa terhormat menerima penghargaan ini, yang selalu fokus pada masalah-masalah urgen dan kritis. Untuk generasi kita sekarang, saya percaya masalahnya bukan hanya bagaimana memberi makan dunia, tetapi bagaimana menjaga kelestariannya," kata Haddad.

"Enam dari 10 faktor teratas yang menyebabkan penyakit di dunia ada kaitannya dengan pola makan yang buruk. Ini tidak mengejutkan karena satu dari tiga warga planet ini mendapat terlalu sedikit makanan yang tepat, atau terlalu banyak makanan yang salah."

Haddad bergabung dengan GAIN pada 2016, dan kemudian fokus pada peningkatan ketersediaan nutrisi dan makanan yang aman dikonsumsi, serta terjangkau bagi mereka yang paling membutuhkan.

“GAIN bangga bahwa Direktur Eksekutif kami, Lawrence Haddad, telah diakui sebagai tokoh yang berjuang melawan malnutrisi. Di Indonesia, kami bekerja sama erat dengan Kementerian Kesehatan untuk memerangi stunting, yang merupakan akibat nyata dari malnutrisi," kata Direktur GAIN Indonesia Ravi Menon.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE