SCTV gelar Liputan 6 Awards untuk keempat kalinya.

Jakarta - Untuk kali keempat, SCTV menggelar ajang penghargaan Liputan 6 Awards. Sebuah ajang penghargaan bagi orang-orang yang dinilai membangkitkan inspirasi luar biasa bagi masyarakat banyak. Adapun tindakan orang tersebut haruslah memiliki dampak positif bagi lingkungan sekitar dan alam Indonesia.

Pada tahun ini Liputan 6 Awards mengangkat tema "Inspirasi Istimewa Indonesia". Puncak penghargaan tersebut akan digelar pada tanggal 23 Mei 2013, dan disiarkan secara langsung pukul 21.30 WIB. Dalam penganugerahan tersebut ada 24 kandidat yang sudah dipilih sejak akhir April 2013 lalu. Para kandidat yang sudah dipilih mewakili lima kategori yakni Kategori Inovasi, Kategori Kemanusiaan, Kategori Lingkungan Hidup, Kategori Pemberdayaan Masyarakat, dan Kategori Pendidikan.

Harsiwi Achmad selaku Direktur Program dan Produksi SCTV dalam jumpa pers Liputan 6 Awards di SCTV Tower Senayan City, Kamis (16/5) mengatakan, 24 tokoh yang masuk menjadi kandidat adalah orang-orang tak terkenal atau bahkan dikenal. Tokoh yang terpilih ini adalah orang biasa yang justru berbuat besar untuk alam dan kelangsungan hidup orang banyak.

"SCTV mencoba memberikan apresiasi kepada mereka yang luar biasa menginspirasi masyarakat Indonesia. Mereka berbuat tanpa pamrih. Karena itulah SCTV ingin memberikan penghargaan atas kerja keras mereka selama ini," ungkap Harsiwi.

Adapun 24 kandidat yang terpilih sudah lebih dulu disaring dari 300 peserta. Nantinya proses penjurian untuk menentukan pemenang akan dilakukan oleh dua tim, yakni internal SCTV dan tim independen. Tim internal antara lain Harsiwi Achmad dan Putut Tri Husodo, sementara tim independen yakni Daniel Dhakidae (peneliti), Komaruddin Hidayat (cendekiawan), Erna Witoelar (penggiat lingkungan), Yeni Wahid (aktivis demokrasi), Jusuf Kalla (tokoh nasional), dan Rhenald Kasali (social entrepreneurship).

Terkait dengan adanya program penghargaan Liputan 6 Awards, Jusuf Kalla sebagai tim penilai mengatakan Indonesia bukan hanya negara yang penuh dengan aksi negatif dan ketidakadilan. Di tengah belantara perbuatan korupsi, kekerasan, dan bencana alam, ternyata masih ada orang-orang yang berjiwa besar.

"Saya percaya, masyarakat Indonesia masih ada yang baik dan memiliki hati tulus. Hal itu dibuktikan dengan adanya 24 tokoh dalam Liputan 6 Awards ini. Karena itu tak berlebihan bila mereka nantinya disebut pahlawan tanpa pamrih," kata Jusuf Kalla.

Selain menyajikan tokoh-tokoh inspiratif, puncak acara Liputan 6 Awards juga akan dimeriahkan oleh kehadiran musisi antara lain Indah Dewi Pertiwi, Syahrini, Vicky Sianipar, Five Minutes, Teamlo, Truth, Trio Lestari, dan Trio Aoera. 

Suara Pembaruan

Penulis: A-23/NAD

Sumber:Suara Pembaruan