Ahmad Dhani, Orangtua AQJ bersama Kak Seto, Ktua KPAI, saat menggelar jumpa pers di kediamannya di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Kamis (26/9).

Jakarta - Keputusan musisi Ahmad Dhani yang mempersilahkan pihak Kepolisian untuk segera memeriksa AQJ terkait kecelakaan yang dialaminya langsung direspon oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan beberapa lembaga pemerhati anak. Mereka menegur bos Republik Cinta Management (RCM) itu karena terburu-buru memperbolehkan AQJ untuk diperiksa.

"Jadi begini. Saya banyak mendapat teguran dari beberapa instansi, bukan dari perorangan maupun lembaga, dari KPAI, dari Komnas Anak dimana Kak Seto sebagai pimpinannya. Intinya, saya diingatkan bahwa minimal untuk Dul bisa diperiksa itu harus bukan hanya dilihat kondisi fisik saja, namun kondisi psikologis dan kejiwaan dul juga harus dipertimbangkan. Hal itu yang belum saya pikirkan. Saya hanya berpikir, agar semua cepat selesai," ungkap Ahmad Dhani saat menggelar jumpa pers di kediamannya, di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Kamis (26/9).

Meskipun secara fisik kondisi AQJ siap, lanjut Dhani, namun secara kejiwaan AQJ dinilai belum siap. Atas teguran itu, Dhani mengaku akhirnya meminta izin kepada pihak kepolisian untuk menunda pemeriksaan yang dijadwalkan berlangsung hari ini. Selain memang secara kejiawaan belum di lihat, kondisi dul sendiri hari kurang stabil.

"Kalau secara kondisi, saya menilai dul sudah kuat meski kondisinya masih 70 persen pulih. Namun kondisi psikologis juga ternyata harus diperiksa agar tidak menimbulkan trauma pada saat usai pemeriksaan," lanjut mantan suami Maia Estianty itu.

Menurut Dhani, pihak kepolisian tetap akan menunggu kondisi fisik AQJ pulih dan tentunya sesuai izin dari kedua orang tuanya, karena menurut UU Perlindungan anak berlaku seperti itu.

"Yang jelas dul akan diperiksa setelah kondisinya siap 100 persen. Dan saya yakini bahwa kami keluarga akan tetap menaati perundangan yang berlaku. Saya takutnya, Dul mengalami stres berkepanjangan dan lainnya. Oleh sebab itu, saya sudah meminta pihak kepolisian untuk menunda pemeriksaan Dul. Dan pihak kepolisian juga menunggu keputusan dari tim dokter dan saya sebagai walinya," terang Dhani.

Pasca keluarnya AQJ dari rumah sakit kemarin, Dhani mengaku AQJ sudah siap diperiksa terkait kecelakaan yang melibatkannya.

Namun pagi tadi pihak Polda Metro Jaya yang diwakili Kombes Rikwanto (Kabid Humas Polda Metro jaya) menjelaskan pemeriksaan terhadap AQJ yang dijadwalkan berlangsung hari ini ditunda karena kondisi kesehatan Dul yang belum stabil.

Penulis: Chairul Fikri/FER