Alasan Dian Nitami dan Marini Zumarnis Peduli Kanker Payudara

Aktris Dian Nitami (kiri) dan Marini Zumarnis (dua dari kiri) bersama Lovepink dalam talkshow kanker payudara di Jakarta, Kamis (14/9). (Mardiana Makmun/Investor Daily/Mardiana Makmun)

Oleh: Mardiana Makmun / MAR | Kamis, 14 September 2017 | 18:41 WIB

Jakarta - Aktris Dian Nitami sudah satu tahun menjadi aktivis kanker payudara Lovepink. Dian mengaku sangat bersimpati dan berempati pada perempuan penderita maupun survivor kanker payudara.

“Saya sudah satu tahun ikut Lovepink. Mengapa saya mau ikut? Karena saya perempuan dan saya juga berisiko untuk menderita kanker payudara,” kata Dian Nitami ditemui Investor Daily di acara Indonesia Goes Pink 2017 yang digelar Lovepink di Jakarta, Kamis (14/9).

Sama dengan Dian, Marini Zumarnis merasa sebagai perempuan harus memiliki kepedulian tinggi kepada penyakit ini dan kepada penderitanya. Apalagi, mertua Marini juga penderita kanker payudara. “Mertua saya terkena kanker payudara dan diangkat pada usia 80 tahun. Ini yang mendorong saya mau bergabung di Lovepink,” kata Marini.

Meski sudah sering membaca tentang kanker payudara, kata Marini, tak banyak perempuan yang rutin melakukan pemeriksaan sendiri (Sadari). “Kita terkadang lupa untuk melakukan pemeriksaan mamografi, USG, Sadari. Padahal kalau kanker payudara diketahui sejak stadiun dini, bisa disembuhkan,” ujar Marini.

Rendahnya kesadaran ini jugalah yang membuat Dian mau memberikan energinya untuk terus mengedukasi dan menyemangi perempuan. “Saya punya energi positif untuk para survivor. Salah satunya saya akan ikut Indonesia Goes Pink (IGP) di Nusa Dua ,Bali, pada 7-8 Oktober mendatang,” kata Dian.

Shanti Persada, salah satu pendiri Lovepink mengatakan IGP terdiri atas gathering bersama para surviovr, workshop (make up class, self healing) talkshow, serta Pink Run, Fun Walk, dan pemeriksaan USG.




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT