Monolog Gayatri: Reinkarnasi

Penampilan Sha Ine Febriyanti Hipnotis Penikmat Seni

Pementasan monolog Gayatri: Reinkarnasi yang ditampilkan dengan penuh penghayatan oleh Sha Ine Febriyanti. (Beritasatu Photo/Dina Fitrianisa)

Oleh: Dina Fitri Anisa / FER | Senin, 9 Oktober 2017 | 17:06 WIB

Jakarta - Aktris Sha Ine Febriyanti tampil memikat dan penuh penghayatan dalam pementasan monolog Gayatri: Reinkarnasi. Pementasan ini mengisahkan seorang penari perempuan yang sangat mengagumi sosok Gayatri Rajapatni, salah satu istri Raden Wijaya, raja pertama Majapahit yang mengundurkan diri dari kehidupan duniawi dengan menjadi seorang pendeta Buddha. Ia meyakini bahwa Bhiksuni itu tidak pernah sepenuhnya mati.

Sha Ine Febriyanti menuturkan, pementasan kali ini berkisah tentang Gayatri, seorang perempuan yang welas asih dan mendambakan persatuan negeri melebihi apapun. Menurutnya, untuk mengangkat tema sejarah ke atas panggung memang hal yang rumit, apalagi kalau rentang waktu sejarah itu sudah demikian jauh dengan zaman ini.

"Saya berusaha menggumuli bayang-bayang peristiwa dari sosok yang hidup 8 abad lalu. Melalui lontar-lontar kuno dan candi-candi yang semakin hari semakin tak terawat," kata Ine di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (8/10) petang.

Menurutnya, reinkarnasi dalam pertunjukan ini bukan hanya berhubungan dengan jiwa, namun juga seluruh pengalaman, kegelisahan yang terjadi pada masa lampau yang bisa terjadi lagi dan menjadi ronde sejarah dewasa ini.

"Di sini saya ingin menggambarkan, apabila ada ketegangan yang belum terselesaikan, mari selesaikan bersama. Dengan begitu, kita akan memandang bangsa ini menjadi bangsa yang selalu bersatu dengan damai," tambahnya.

Selama sekitar 60 menit, para penikmat seni mendengarkan kisah Gayatri yang disutradari oleh Yustiansyah Lesmana dan penata gerak Elly D Luthan.

Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari Adrian menambahkan, Gayatri merupakan sosok perempuan luar biasa yang memiliki cita-cita mempersatukan negeri dalam damai, seperti cermin Indonesia saat ini.

"Penampilan Sha Ine Febriyanti sebagai Gayatri berhasil menghipnotis para penikmat seni di Auditorium Galeri Indonesia Kaya. Semoga pementasan ini memberikan pengetahuan lebih dalam mengenai sosok ibu para raja Majapahit ini," kata Renitasari.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT