Keluarga Bondan Winarno Apresiasi Tim Dokter RS Harapan Kita

Anak kedua Bondan Winarno, Eliseo Raket Winarno (kemeja kotak). (Beritasatu.com/Bayu Marhaenjati)

Oleh: Bayu Marhaenjati / FMB | Rabu, 29 November 2017 | 13:31 WIB

Jakarta-Pakar kuliner Bondan Winarno, meninggal dunia setelah dirawat selama dua pekan, di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jalan S Parman, Jakarta Barat. Mantan Pemimpin Redaksi Harian Sore Suara Pembaruan itu, sempat menjalani dua kali operasi jantung.

"Pak Bondan menjalani operasi jantung, ini sudah operasi kedua. Pada operasi kedua ini ternyata ada komplikasi. Jadi komplikasi itu ada bakteri yang menyebar ke organ-organ tubuhnya yang lain. Dia sudah berusaha dirawat tim dokter Harapan Kita, tapi hari ini beliau dipanggil Tuhan," ujar anak kedua Bondan, Eliseo Raket Winarno, di Rumah Duka Rumah Sakit Harapan Kita, Jalan S Parman, Jakarta Barat, Rabu (29/11).

Dikatakan, Bondan dirawat di RS Harapan Kita sejak dua pekan lalu, sebelum menghembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul 09.30 WIB, pagi tadi.

"Dia dirawat sejak dua minggu lebih. Tapi operasi keduanya itu hari Kamis (23/11) kemarin. Jadi ini sudah hari ke enam setelah operasi," ungkapnya.

Ia menyampaikan, pihak RS Harapan Kita sudah berusaha sebaik mungkin merawat almarhum, namun Tuhan berkehendak lain.

"Waktu dia operasi kedua kali, memang ada infeksi. Tapi detailnya terlalu rumit. Jadi operasinya itu dua hal, satu aneurisme dan kedua aorta. Saya melihat tim dokter sangat berusaha, saya sangat hargai. The best untuk mereka. Tapi Tuhan berkendak beda," katanya.

Eliseo menambahkan, Bondan sebenarnya cukup rajin menjalani medical chek up.

"Dia medical check up setiap tahun. Dia sangat rajin medical chek up dengan ibu saya di Malaysia. Tapi dia sendiri yang memutuskan mau operasi di sini, setelah dilihat ada sedikit kelainan," jelasnya.

Ia mengungkapkan, pasca-operasi pertama Bondan sebenarnya sudah sempat kembali ke rumahnya di Bali. "Dia sempat keluar, pulang ke rumahnya di Bali. Waktu operasi pertama. Operasi (pertama) di sini sukses, pulang ke Bali, lalu seperti kena lagi dan kembali ke sini," tandasnya.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT