Pemain tengah Semen Padang Fc, Elie Aiboy (kanan) mencoba melewati hadangan pemain sepak bola Warriors FC saat pertandingan Asian Football Confederation (AFC) 2013, di lapangan Gor. H. Agus Salim Padang, Sumbar, Selasa (5/3). Semen Padang FC memenangi pertandingan dengan skor 3-1.

Padang - Tim Semen Padang (SP) berhasil membungkam klub asal Singapura Warriors FC dengan kemenangan 3-1 dalam pertandingan pertama kompetisi AFC Cup di Stadion Haji Agus Salim Padang, Sumatera Barat, Selasa (5/3).

Tiga gol kemenangan tim berjuluk Kabau Sirah tersebut dicetak Edward Wilson Junior di menit ke-18, Vendry Mofu (menit 32) dan Nur Iskandar (menit 86). Sementara satu gol klub Warriors FC di hasilkan oleh pemain nomor punggung tujuh atas nama Inui pada menit ke-41.

Bermain dihadapan ribuan suporter fanatiknya yang memenuhi seluruh bangku yang ada di stadion tersebut, anak asuh Jafri Sastra langsung bermain menekan dengan mengalirkan umpan-umpan pendek untuk masuk ke daerah pertahanan lawan.

Memanfaatkan kecepatan dari dua pemain sayap kiri dan kanan, tim SP berhasil menciptakan beberapa peluang, namun hasil tersebut belum maksimal dan selalu dipatahkan penjaga gawang Warriors FC Hassan Bin Abdulah Sunny yang tampil cukup tenang.

Namun pada menit 18 Hassan harus mengakui ketajaman pemain depan SP asal Liberia Edward Wilson Junior yang memanfaatkan tendangan spekulasi dari kapten tim Ellie Aiboy. Bola mental hasil tendangan Ellie berhasil diceploskan Edward yang tepat berada di depan gawang lawan.

Gol tersebut langsung membuat semangat tim Laskar Bukik Karang Putih meningkat. Kurang maksimalnya lini tengah Warriors FC dimanfaatkan pemain SP untuk menguasai lini fital tersebut.

Berawal dari umpan pendek dari lini tengah, pemain yang pernah membela Timnas Indonesia pada piala AFF melepaskan tendangan ke pojok atas gawang lawan tanpa bisa dijangkau kiper Hassan. SP unggul 2-0.

Keunggulan 2-0 tersebut membuat tim SP mengurangi tekanan dan hanya mengandalkan umpan-umpan panjang ke jantung pertahanan lawan. Kurangnya tekanan SP langsung dimanfaatkan anak asuh Selvaraj untuk menyusun serangan.

Hasilnya pada menit 42 berawal dari serangan balik, Inui berhasil mengecoh pemain belakang SP Saepulah dan malakukan tendangan tanpa bisa dijangkau kiper Jandia Eka Putra. Skor 2-1 bertahan sampai babak pertama habis.

Memasuki babak kedua, Warrior FC yang tertinggal 2-1 atas SP, bermain lebih rapi dan mulai menguasai jalannya pertandingan. Namun disiplinnya lini belakang SP yang digalang pemain Timnas Indonesia Wahyu Wijiastanto membuat serangan Warriors FC kandas di kaki pemain tersebut.

Justru pada menit 86, pemain Nur Iskandar yang masuk menggantikan Edward Wilson berhasil menambah keunggulan SP menjadi 3-1. Memanfaatkan umpan lambung dari Titus Bonai, pemain asal Jayapura itu berhasil menyundul bola kepojok gawang lawan. Skor bertahan sampai pluit akhir pertandingan dibunyikan oleh wasit Ma Ning asal China.

Selanjutnya SP akan menjalani pertandingan tandang melawan klub asal India Churchill Brothers yang dijadwalkan pada 12 Mei 2013.

Penulis: Yudo Dahono/YUD

Sumber:Antara