Pesepakbola Arab Saudi, Yousef Mansour Al Salim (depan) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Indonesia pada pertandingan Kualifikasi Pra Piala Asia 2015 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (23/3)

Jakarta - Tuan rumah Indonesia ditekuk 1-2 oleh Arab Saudi pada babak Kualifikasi Piala Asia di Stadion Utama Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (23/3) malam. Gol kemenangan Arab dilesahkan Youssef Mansour Al Salem.

Pada laga tersebut, Indonesia mampu menyentak Arab Saudi terlebih dahulu berkat gol cepat yang dibukukan striker Persipura Jayapura Boas Salossa pada menit ke-4.

Lewat satu serangan balik, Boas yang sebetulnya mendapatkan penjagaan ketat mampu meloloskan diri untuk membobol gawang Arab. Gol tersebut menghidupkan semangat para penonton yang membludak.

Selepas gol terebut, Indonesia mencoba menguasai jalannya bola di lapangan tengah. Dimotori Imanuel Wanggai dan Ponaryo Astaman, Indonesia mampu bermain tenang menghadapi permainan Arab.

Namun, pada menit ke-13, justru Arab-lah yang mebungkam publik Gelora, berkat gol balasan Yahia Sulaiman. Gol tercipta lewat sebuah serangan balik cepat.

Indonesia, sebetulnya, mampu menciptakan sejumlah peluang, salah satunya melalui aksi Sergio Van Dijk. Namun, upaya tersebut masih dapat dimentahkan penjaga gawang Arab Saudi, Waleed Abdullah.

Pada babak kedua, Indonesia termakan permainan Arab, yang memainkan tempo lambat. Alhasil, permainan Indonesia menjadi tak segarang seperti pada babak pertama.

Boas cs, justru lebih banyak bertahanan di lini pertahanan, sambil sesekali melakukan serangan balik. Sementara, Arab justru sangat leluasa memainkan bola dari kaki ke kaki.

Gawang Indonesia pun akhirnya bobol pada menit ke-55, lewat sundulan Youssef Mansour Al Salem. Tanpa mendapatkan pengawalan ketat, Al Salem begitu mudah menanduk bola di muka gawang Kurnia Meiga.

Indonesia, yang tertinggal akhirnya kembali ganas pada menit-menit akhir jelang pertandingan usai. Sejumlah peluang lewat aksi Greg Nwokolo dan Sergio Van Dijk pun sempat tercipta. Nahas, upaya dari kedua pemain naturalisasi tersebut belum mampu membobol gawang Arab Saudi. Skor 2-1 untuk keunggulan Arab pun bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang, tanda berakhirnya laga.

Dengan kekalahan tersebut, peluang Indonesia untuk dapat lolos ke babak utama Piala Asia di Australia semakin kecil. Pasalnya, pada laga perdana, Indonesia ditekuk Irak 1-0. Apalagi, pada laga berikutnya, Indonesia juga akan meladeni laga berat melawan China. Indonesia wajib menang untuk membuka peluang lolos ke Australia.

Penulis: