Roberto Mancini dan Roberto Martinez (kanan).

Manchester - Dua tim, yaitu Manchester City dan Wigan Athletic, bakal saling jegal sebagai finalis Piala FA tahun ini, pada laga di Stadion Wembley, 11 Mei mendatang. Untuk yang sudah penasaran akan bagaimana laga perebutan trofi FA itu, simak saja "geladi bersih"-nya malam ini, saat kedua tim berjumpa dalam lanjutan kompetisi Liga Inggris (EPL).

City yang akan bertindak sebagai tuan rumah, sudah bisa dikatakan hampir mustahil mengambil alih gelar juara kompetisi musim ini dari Manchester United (MU). Meski masih tersisa beberapa laga lagi, selisih nilai keduanya masih tetap jauh (15 poin sampai siang ini). Tapi, City bukannya tak akan ngotot meraih poin maksimal di setiap kesempatan, termasuk saat menjamu Wigan kali ini.

"Kami punya peluang untuk mengakhiri kompetisi di posisi kedua, dan barangkali untuk menunjukkan bahwa (setidaknya) kami tak pantas tertinggal 15 poin (dari United). Itulah target kami saat ini," ungkap manajer City, Roberto Mancini.

Sementara itu Wigan, yang saat ini kembali harus berjuang di zona degradasi (posisi ketiga sementara dari bawah), jelas bakal memaksimalkan tiap kesempatan untuk bisa meraih angka dan mengangkat posisinya. Bahkan bila perlu, tiap laga EPL akan jadi prioritas, termasuk dibandingkan persiapan final Piala FA --di mana jika sukses akan menjadi trofi bergengsi perdana bagi mereka.

"Saya kira kami (sejauh ini) telah memperlihat kemampuan alami bergeser (fokus) dari Piala FA ke liga. Dan itulah yang harus kami lakukan lagi (kali ini)," tutur manajer Wigan, Roberto Martinez.

"Saat ini kami fokus pada pekan berat di hadapan kami, dan memang begitulah kami akan menjalaninya," tegasnya menambahkan.

Secara komposisi tim, di kubu City, kemungkinan David Silva yang mengalami cedera hamstring tidak akan dipaksakan tampil oleh Mancini. Namun sementara itu, beberapa pemain yang selama ini harus beristirahat karena cedera atau sakit, berpeluang untuk ditampilkan kali ini. Di antaranya adalah bek Micah Richards dan Maicon, serta Jack Rodwell.

Sementara di kubu Wigan, Martinez akan berkesempatan memaksimalkan anggota timnya yang sejauh ini tak tercatat mengalami kendala cedera. Ditambah tentunya, dorongan motivasi luar biasa untuk meraih angka demi menghindari terbuangnya mereka ke kasta kedua kompetisi sepak bola Inggris.

Yang jelas, Wigan tak terkalahkan di lima penampilan terakhir mereka di semua ajang, termasuk di antaranya mengalahkan Everton dan Newcastle, sebelum terakhir sukses memastikan maju ke final Piala FA. Sementara itu City, dalam dua laga terakhirnya juga baru saja sukses menaklukkan dua seteru berat, yaitu MU (di EPL) dan Chelsea (di Piala FA).

Malam ini, dalam "geladi bersih" final Piala FA, siapa tahu saja, Wigan bisa memberikan kejutan. Sebuah kejutan yang kemudian juga ternyata mampu mereka ulangi di Wembley kelak. Siapa tahu.

Data Pertandingan
Laga: City vs Wigan di EPL musim 2012-2013
Hari/tanggal: Rabu, 17 April 2013
Venue: Stadion Etihad, Manchester
Wasit: Anthony Taylor

Lima laga terakhir City:
10/03/13: City 5-0 Barnsley (FA)
16/03/13: Everton 2-0 City (EPL)
30/03/13: City 4-0 Newcastle (EPL)
09/04/13: MU 1-2 City (EPL)
14/04/13: Chelsea 1-2 City (FA)

Prakiraan line-up City (4-2-3-1):
J. Hart; Maicon, M. Richards, V. Kompany, G. Clichy; Y. Toure, G. Barry: J. Milner, C. Tevez, S. Nasri; E. Dzeko.
Pelatih: Roberto Mancini (Italia)

Lima laga terakhir Wigan:
09/03/13: Everton 0-3 Wigan (FA)
17/03/13: Wigan 2-1 Newcastle (EPL)
30/03/13: Wigan 1-0 Norwich (EPL)
07/04/13: QPR 1-1 Wigan (EPL)
13/04/13: Millwall 0-2 Wigan (FA)

Prakiraan line-up Wigan (3-4-3):
Ali Al Habsi; P. Scharner, M. Figueroa, A. Alcaraz; E. Boyce, J. Gomez, J. Beausejour, J. McCarthy; S. Maloney, A. Kone, C. McManaman.
Pelatih: Roberto Martinez (Spanyol)

Penulis: Arsito Hidayatullah

Sumber:Soccerway, BBC