Para pemain Borussia Dortmund merayakan gol.

Siaran Langsung SCTV, Kamis (25/4) Pukul 01.45 WIB.

Dortmund - Perjalanan Real Madrid ke Signal Iduna Park Stadium, yang menjadi kandang Borussia Dortmund, dalam laga leg pertama Semifinal Liga Champions, Kamis (25/4) dinihari, diperkirakan tak akan berjalan dengan mudah. Los Blancos dihantui rekor buruk di negeri Bavaria.

Sebelum laga Semi Final ini, El Real hanya pernah menang sekali dari 24 lawatan ke Jerman. Sedihnya, 17 pertandingan di antaranya, mereka harus pulang dengan membawa kekalahan.

Bukti paling anyar akan hal tersebut terjadi di saat penyisihan grup Liga Champions musim ini, dimana Madrid pernah dua kali bentrok dengan Borussia Dortmund.

Hasilnya, Los Galacticos menuai sekali kalah di kandang lawan (2-1) dan ditahan imbang (2-2) saat berlaga di kandang sendiri. Jeleknya hasil dilaga penyisihan, menambah catatan buruk yang dimiliki Madrid saat menghadapi klub asal Jerman.

Pelatih Jose Mourinho nampaknya sangat sadar bahwa hasil pertandingan leg pertama ini akan sangat berpengaruh pada nasib timnya untuk mewujudkan target menggapai gelar kesepuluh (La Decima) di ajang Liga Champions.

Karenanya, pria asal Portugal itu telah menyatakan akan tetap berusaha meraih kemenangan, meski hal itu sangat sulit untuk dilakukan oleh anak asuhannya.

"Kami telah bermain dua kali pada musim ini dan kami belum berhasil mengalahkan mereka," kata Mou dilansir situs resmi UEFA.

"Meski begitu, kali ini kami akan kembali mencoba dan berharap hasilnya akan berbeda. Dengan demikian, bisa memperbesar peluang kami untuk lolos ke final."

Menghadapi pertandingan ini, Mourinho diuntungkan dengan tidak adanya pemain yang bermasalah. Semua punggawa terbaik Madrid dipastikan bisa turun gelanggang.

Hanya gelandang Luca Modrid dan bek kanan Marcelo yang mengalami cedera saat mereka menang 3-1 kala menghdapi Real Betis dalam lanjutan La Liga akhir pekan lalu.

Seperti dilansir laman soccerway, untuk posisi penjaga gawang, Mou nampaknya akan kembali menempatkan Lopez dibawah mistar. Sementara, kuartet Arbeloa, Ramos, Varane dan Coentrao akan menjadi benteng lini belakang.

Duet pemain tim nasional Jerman, Oezil dan Sami Kheidira bakal mengisi lapangan tengah bersama Alonso dan Di Maria, guna menyuplai bola kepada Ronaldo dan Benzema di lini depan.

Sementara itu, Borussia Dortmund yang akan menjadi tuan rumah dalam laga leg pertama ini, telah mengusung semangat tinggi untuk bisa kembali menjungkalkan tamunya.

Pelatih Borussia Dortmund, Jurgen Klopp menyatakan anak asuhannya memiliki rasa percaya diri menjelang pertemuan dengan Madrid. Pasalnya, mereka sudah pernah mengalahkan Madrid di fase penyisihan grup.

Meski begitu, Klopp sendiri enggan meremehkan kekuatan Los Blancos. Dirinya menyatakan, Madrid merupakan sebuah tim penuh pemain bintang, yang sangat sulit untuk dihadapi oleh tim manapun.

"Saya kira, tak perlu digambarkan lagi tentang betapa kuatnya Madrid. Namun, mereka merupakan tim yang pernah kami kalahkan di musim ini," kata Klopp dilansir laman Goal.

Pelatih asal Jerman ini menambahkan, pengalaman timnya dalam fase penyisihan diharapkan bisa menjadi modal untuk menghadapi Madrid di babak semifinal.

"Semua pemain siap berbuat terbaik untuk meraih kemenangan dan memperbesar peluang kami ke babak final. Rasanya, sudah terlalu lama, tim ini pernah berlaga di babak final Liga Champions," kata Klopp di situs resmi UEFA.

Menyoal materi pemain yang akan diturunkannya, Klopp sendiri tidak memiliki kekhawatiran cedera pemain menjelang pertandingan ini.

Meskipun demikian, Klopp sendiri masih memantau perkembangan Mats Hummels, Felipe Santana dan Neven Subotic yang akan menjadi jantung pertahanan Dortmund.

Selain itu, Nuri Sahin juga diharapkan bisa diturunkan untuk menempati lapangan tengah, guna menyuplai bola kepada Robert Lewandowski dan Marco Reus di barisan penyerang.

Head To Head :

07 Nov 2012: Madrid 2-2 Dortmund (Liga Champions)
25 Okt 2012: Dortmund 2-1 Madrid (Liga Champions)

Perkiraan Susunan Pemain:

Dortmund: Weidenfeller, Piszczek, Hummels, Santana, Schmelzer, Blaszczykowski, Gotze, Gundogan, Sahin, Reus, Lewandowski

Madrid: Lopez, Arbeloa, Ramos, Varane, Coentrao, Ozil, Alonso, Khedira, Ronaldo, Benzema, Di Maria

Penulis: Feriawan Hidayat/FER

Sumber:Soccerway, Goal, UEFA