Phil Jagielka (Everton).

Manchester - Pelatih baru Manchester United David Moyes sudah mulai menetapkan target baru di bursa transfer mendatang. Kendati belum resmi menangani MU, Moyes diberitakan mengejar bek Everton Phil Jagielka untuk memperkokoh barisan belakang Setan Merah.

Jagielka sendiri menjadi pemain Everton ketiga yang menjadi incaran Moyes. Selain Jagielka, Moyes juga mengejar Marouane Fellaini serta Leighton Baines dalam daftar pemain yang diinginkannya.

Enam tahun lalu, Moyes yang meninggalkan Everton di akhir musim nanti memboyong Jagielka senilai £4 juta (Rp59,6 miliar) dari Sheffield United.

"Moyes amat menyukai Jagielka. Ia mendeskripsikannya sebagai pemain berkelas. Jika ada pemain yang ditariknya dari sini, maka itu adalah Jagielka. Hubungan mereka amat baik dan Moyes memandang bekerja sama dengannya adalah amat menyenangkan," ujar sumber dari Everton.

Begitu dekatnya hubungan antara bek tengah itu dengan Moyes, ia sempat menolak tawaran Arsenal sebesar £15 juta (Rp223,52 miliar) dua tahun lalu.

Untuk mendapatkan Jagielka, MU diberitakan harus mengucurkan dana senilai £10 juta (Rp149 miliar).

Ketertarikan Moyes kepada Jagielka membuat masa depan Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic makin mengambang menyusul pensiunnya Alex Ferguson.

Ferdinand yang kini berusia 34 tahun akan habis kontraknya musim ini. Sementara itu pihak klub belum menawarkan perpanjangan kontrak kepadanya.

Sementara itu masa depan Vidic di Old Trafford juga tidak jelas menyusul rentetan cedera yang dialami bek Serbia itu.

Kondisi tersebut membuat MU harus bergantung kepada tiga bek tengah mereka Chris Smalling, Jonny Evans serta Phil Jones.

Penulis: Yudo Dahono/YUD

Sumber:The Sun