Pemain tengah Portugal, Silvestre Varela melompat demi mendapat bola dalam pertandingan kualifikasi FIFA World Cup 2014 antara Portugal melawan Luxembourg di stadion Cidade de Coimbra, Coimbra, Portugal, Selasa (15/10). Portugal menekuk lawannya dengan skor 3-0 dalam pertandingan tersebut.

Jakarta - Dari enam pertandingan di pentas Eropa dan Dunia, Portugal dan Swedia sudah bertemu sebanyak enam kali. Kedua negara sama-sama meraih satu kemenangan, dan empat seri. Di pertemuan pertama tahun 1966, Swedia menang 2-1. Portugal baru bisa membalas kekalahannya itu 21 tahun kemudian dengan skor 1-0.

Kedua negara bertemu terakhir kalinya di pentas Piala Dunia dalam babak penyisihan grup Piala DUnia 2010. Dalam laga tandang dan kandang, pertandingan berakhir tanpa gol.

Portugal merupakan runner up grup E, kalah bersaing dengan Rusia. Sedangkan Swedia runner up grup C, dimana Jerman yang menjadi juara grup.

Portugal yang sudah lima kali ikut Piala Dunia, mencatat prestasi tertingginya sebagai juara tiga dalam Piala Dunia 1966 Inggris. Sementara Swedia yang sudah 11 kali berpartisipasi, prestasi tertinggi adalah runner up Piala Dunia 1958 di negaranya sendiri. Di babak final mereka dikalahkan Brasil, 2-5.

 

Penulis: Andres Fatubun/AF

Sumber:FIFA/Wikipedia