Juara Liga Champion 2013, Bayern Muenchen

New York - Perjalanan sepakbola liga-liga di Eropa baru memasuki paruh musim. Sementara Piala Dunia 2014 baru akan dimulai enam bulan mendatang dan Final Piala Champions baru digelar akhir Mei. Namun jurnalis CNN, Jonathan Hawkins, sudah memprediksi siapa yang akan menjuarai Premier League, Bundesliga, La Liga, Seria A, League 1, Piala Champions, dan juara Piala Dunia 2014. Berikut prediksinya

Di tanah Inggris, Manchester City diramal akan keluar sebagai juara. Alasan Hawkins karena City punya mental juara dan performanya akan melejit pada Mei mendatang. Jumlah golnya yang mencolok dibandingkan saingan terdekatnya seperti Arsenal, Liverpool dan Chelsea menunjukan City haus gol dan gelar.

Sementara di Bundesliga, Bayern Muenchen tak akan tergoyahkan. Peluang Muenchen untuk mempertahankan statusnya sebagai jawara Jerman semakin besar karena saingan terdekatnya Borussia Dortmund tampil limbung musim ini. "This is the Bundesliga, the home of Bayern," tulis Hawkins.

Selain menjuarai Bundesliga, Muenchen diprediksi juga akan menjadi klub pertama yang bisa mempertahankan trofi Liga Champions. Muenchen dinilai punya skuad yang bertalenta tinggi dan merata. Modal yang penting untuk bersaing di liga domestik dan Eropa. Hawkins menyebutkan kemampuan teknis skuad Muenchen semakin hari semakin kompak dan tajam. Selain itu faktor Pep Guardiola yang mengerti sekali mau dibawa kemana Muechen di akhir musim, menjadi faktor kuat hegemoni Muenchen di Benua Biru.

Sedangkan di La Liga, Barcelona diprediksi kembali akan menjadi juaranya. Sedikit berbeda dengan musim sebelumnya dimana La Liga hanya dikuasai oleh Barcelona dan Real Madrid, kini muncul tim kuat baru Atletico Madrid. Bahkan skuat Diego Simeone sempat memuncaki klasemen, membawahi dua raksasa Spanyol. Namun Hawkins menilai penampilan Barcelona di paruh kedua akan membaik dan mampu mengatasi tekanan dari Madrid bersaudara.

Pindah ke Seria A, Juventus akan keluar sebagai juaranya. AS Roma yang tampil "ngebut" di awal musim dengan rekor 10 pertandingan tak terkalahkan mulai melambat. Sebaliknya Juventus yang lambat panas di awal musim akhirnya berhasil mengambil alih puncak klasemen dari Roma. Dalam pertandingan dini hari nanti, jika Juventus berhasil mengalahkan Roma maka peluang Si Nyonya Tua untuk menjadi kampiun Liga Utama Italia semakin nyata.

Di Prancis, PSG diprediksi akan keluar sebagai juara Ligue 1. Gelontoran uang berlimpah dan pembelian pemain yang tepat menjadi faktor utama keberhasilan PSG. Meskipun hal yang sama dilakukan oleh AS Monaco, saingan terdekatnya, Hawkins menilai mental juara PSG lebih kental. Modal utama untuk merengkuh gelar kampiun.

Enam bulan lagi semua mata dunia akan tertuju Brasil dalam gelaran Piala Dunia 2014. Seperti yang diprediksi pengamat sepakbola lainnya Brasil menjadi kandidat kuat juaranya. Tak cuma karena faktor kualitas, menjadi tuan rumah serta fakta-fakta lainnya seperti tak satupun tim Eropa pernah juara Piala Dunia di Amerika Selatan, namun Hawkins menyebut faktor kondisi alam dan perjalanan jauh tim Eropa dan Afrika akan memperbesar Brasil merengkuh trofi Piala Dunia untuk keenam kalinya. Ia juga menyebut hasil undian grup membuat Brasil tak perlu kerja keras untuk lolos ke babak selanjutnya, yang berarti bisa menghemat tenaga.

Penulis: Andres Fatubun/AF

Sumber:CNN