Timnas U-23 Main Tanpa Gol Lawan Tim Divisi Utama

Timnas U-23 Main Tanpa Gol Lawan Tim Divisi Utama
Pemain bakal seleksi Timnas Indonesia U-23 Ilham Udin Armayn (kedua kanan) menggiring bola dibayangi pemain Tim Divisi Utama Liga Indonesia Martapura FC dalam laga ujicoba di National Youth Training Centre, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Minggu (4/1). ( Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso )
/ CAH Minggu, 4 Januari 2015 | 23:44 WIB

Jakarta - Timnas Indonesia yang dipersiapkan untuk kualifikasi Piala Asia U-22 hanya bermain imbang pada pertandingan uji coba terakhir sebelum semua pemain dipulangkan ke klubnya masing-masing.

Pada pertandingan melawan klub Divisi Utama, Martapura FC di Lapangan Pembinaan Usia Muda PSSI Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Minggu (4/1), Evan Dimas dan kawan-kawan hanya bermain imbang tanpa gol.

Hasil yang diraih Timnas Garuda Muda ini berbeda dengan sebelumnya karena Evan Dimas dan kawan-kawan mampu memperdayai tim Afrika Selection dengan skor yang cukup telak yaitu 4-1.

Meski belum meraih hasil maksimal, pelatih Timnas Indonesia Aji Santoso tidak menyalahkan pemain. Ini dikarenakan pertandingan uji coba ini salah satu tujuannya untuk menentukan komposisi terbaik sebelum dikejuaraan resmi.

"Seperti pertandingan sebelumnya. Kami tidak mempermasalahkan hasil. Saat ini kita fokus untuk membentuk kerangka tim," kata Aji Santoso.

Pelatih asal Malang itu pada babak pertama memang menurunkan pemain yang usianya dibawah 22 tahun. Sebenarnya, peluang untuk menciptakan gol banyak terjadi baik lewat Evan Dimas maupun Ilham Udin Armaiyn. Hanya saja semua masih belum maksimal.

Demi meningkatkan tekanan pada babak kedua, Aji Santoso mengubah komposisi pemain dengan memainkan pemain lain sebelumnya menjadi cadangan. Hanya saja kondisinya tetap sama karena belum mampu menciptakan gol hingga pertandingan berakhir.

Pertandingan uji coba melawan Martapura FC sebenarnya tidak masuk agenda timnas. Pada penutup pelatnas tahap kedua itu Timnas Garuda Muda seharusnya melawan Suriah di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 9 Januari.

Hanya saja, persiapan matang yang telah dilakukan sejak akhir Desember 2014 ini harus pupus setelah Suriah tidak siap menjalani pertandingan karena berbagai alasan. Tim ini baru siap setelah 19 Januari nanti.

"Pertandingan tadi tidak seperti biasanya. Mereka sebenarnya sudah fokus untuk menghadapi pertandingan 9 Januari nanti. Tapi tidak jadi. Saya melihat kondisi ini mempengaruhi psikologis pemain," kata mantan pelatih Persebaya itu.

Sebelum turun pada kualifikasi Piala AFC U-22 Maret nanti, Timnas Garuda Muda akan kembali menjalani pemusatan latih pada awal Februari nanti. Beberapa agenda uji coba internasional terus diupayakan oleh PSSI dan Badan Tim Nasional (BTN).

Sumber: Antara
CLOSE