Suasana saat kerusuhan pecah di Stadion Port Said.
Masa kelam sepak bola dunia.

Presiden FIFA, Sepp Blatter, mengatakan ini adalah masa kelam bagi dunia sepak bola. Sekitar 74 orang kehilangan nyawa saat kerusuhan antarsuporter pecah di Port Said, Mesir.

Untuk kesekian kalinya, tragedi menghantam dunia sepak bola. Belum hilang dari ingatan bagaimana 96 nyawa suporter Liverpool melayang dalam tragedi Hillsborough pada 1989. Tragedi ini terjadi sekitar empat tahun setelah tragedi Heysel yang menelan 39 korban meninggal.

Tragedi Sepak Bola sejak 1960

Mei 1964

Peru - Salah satu musibah paling buruk dalam sejarah sepak bola. Lebih dari 300 suporter meninggal dan 500 lainnya cedera dalam kerusuhan saat partai kualifikasi Olimpiade di Lima, Peru.

Januari 1971
Glasgow - 66 orang meninggal tergenjet di dalam stadion Ibrox, Glasgow. Ratusan orang berbeut keluar stadion saat laga derby Ranger melawan Celtic.

Oktober 1982
Moskow - Saat berusaha meninggalkan stadion Luzhniki usai laga Piala UEFA antara Spartak Moskow melawan klub Belanda HFC Haarlem. Bertahun-tahun, pemerintah Uni Soviet menahan informasi tragedi ini. Meski mereka mengumumkan ada 66 korban jiwa, namun jumlahsesungguhnya bisa mencapai 340 korban.

Mei 1985
Bradford - Paling tidak 56 orang tewas dan lebih dari 200 cedera saat api mulai melahap tribun di stadion Bradford.

Mei 1985
Brussel - 39 korban meninggal, mayoritas pendukung Juventus saat terjadi bentrokan sebelum laga Juventus melawan Liverpool di final Piala Champions di Stadion Heysel.

Maret 1988
kathmandu - Karena berebut membuka pintu yang masih terkunci saat mencoba menyelamatkan diri dari badai angin, lebih dari 90 orang meninggal dunia karena terinjak di stadion Kathmandu, Nepal.

April 1989
Sheffiled - 96 nyawa suporter Liverpool melayang dalam tragedi Hillsborough  saat tim kesayangan mereka tampil di semifinal Piala FA melawan Nottingham Forest.

Oktober 1996
Guatemala - Lebih dari 82 nyawa melayang saat barisan penonton terjatuh dari tribun pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia antara Guatemala melawan Kosta Rika.

April 2001
Johannesburg - Paling tidak 43 orang tewas karena berdesakan di Stadion Ellis Park.

Mei 2001
Accra - Sekitar 126 orang tewas terinjak-injak menyusul tindakan polisi yang menembakkan gas air mata di Stadion Utama Accra.

Penulis: