Ilustrasi seleksi timnas oleh PSSI.
Sebanyak 48 calon pemain timnas U-12 tinggal mengikuti seleksi tahap akhir, sementara untuk timnas U-14 akan dicari 30 pemain yang akan dimasukkan pelatnas.

PSSI akan segera membentuk tim nasional (timnas) yang dipersiapkan untuk tampil pada Festival U-14 Asia, yang bakal digelar di Kinabalu, Malaysia, pada Mei mendatang.

"Seleksi tahap pertama ini untuk pemain dari seluruh Indonesia. Yang terpenting adalah kelahiran 1998," kata manajer timnas U-12, Zuchli Imran Putra, di Jakarta, Kamis (15/3).

Menurut Zuchli, jika dibandingkan dengan seleksi awal timnas U-12 lalu saja, ada sekitar 700 peserta dengan batas kelahiran tahun 2000 yang ikut ambil bagian. "Selanjutnya, para peserta akan diseleksi oleh tim pemilih. Kami akan mencari sebanyak 30 pemain (U-14) yang akan dimasukkan dalam pelatnas," katanya, sambil membeberkan bahwa seleksi akan berlangsung di Lapangan Tri Sakti Ciangsana, Cibubur, pada 23-25 Maret 2012.

Sementara itu menurut Zuchli pula, PSSI pun telah melaksanakan tahapan seleksi untuk timnas U-12. Kini, sebanyak 48 pemain junior akan menjalani seleksi tahap akhir pembentukan timnas U-12 di Jakarta, pada 26 Maret mendatang.

Selain masih akan menjalani uji teknik, menurut Zuchli, para pemain U-12 tersebut masih harus melewati tes kesehatan, psikotes, serta melengkapi data-data kependudukannya. Sebelumnya, PSSI telah melakukan seleksi awal timnas U-12 pada 4-6 Maret lalu, di Lapangan C Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta. Tim ini sendiri dipersiapkan tampil pada Mei-Juni mendatang, untuk belajar dan bertanding selama beberapa hari ke Osaka, Jepang.

Penulis: /SES