Arsenal Terpuruk, tetapi Kekayaan Pemiliknya Terus Bertambah i

Alisher Usmanov

Oleh: Gusti Lesek / JAS | Selasa, 21 Maret 2017 | 12:03 WIB

London - Majalah Forbes baru-baru ini merilis kekayaan Alisher Usmanov, salah satu pemegang saham Arsenal, klub yang saat ini sedang gonjang-ganjing karena terus terpuruk dan tidak bisa membeli pemain baru.

Dua pemain bintang Arsenal, Mesut Oezil dan Alexis Sanchez mengancam hengkang karena permintaan kenaikan gaji tidak digubris, sementara kekayaan Usmanov untuk tahun 2016 mengalami kenaikan US$3 juta.

Usmanov, yang hanya memiliki 30 persen saham The Gunners, memiliki kekayaan sekitar US$ 15,2 miliar atau setara Rp 202,4 triliun. Dia adalah orang terkaya di Rusia.

Pemegang saham mayoritas Arsenal, Stan Kroenke, yang juga memiliki perusahaan franchise bernama LA Rams, memiliki harta sekitar US$7,5 miliar, sekitar setengah dari harta kekayaan Usmanov.

Forbes merilis daftar orang kaya dunia dan menunjukkan bahwa jika kekayaan kedua pemilik Arsenal ini digabungkan, maka nilainya akan lebih besar dari miliarder dan raja minyak pemilik klub Chelsea, Roman Abramovich yang hanya memiliki kekayaan US$ 9,1 miliar.

Para pendukung Arsenal kecewa dengan klub yang memiliki kekayaan yang banyak tetapi tidak mampu membeli pemain agar bisa bersaing di kompetisi klub-klub besar Eropa.

Mereka marah terhadap Usmanov. Tetapi mereka lupa bahwa walau dia memiliki harta banyak, nama Usmanov ternyata tidak ada di jajaran direksi Arsenal.

Padahal Forbes merilis Usmanov sebagai orang terkaya dunia di urutan ke-66. Sementara Abramovich di urutan 139 dan Kroenke di urutan 182.

Carlos Slim, orang Meksiko pemilik Real Oviedo, adalah pemilik klub terkaya dan dia berada di posisi keenam. Kekayaannya mencapai US$54.5 miliar. Dia juga memiliki 30 persen saham Pachuca dan 30 persen saham di Club Leon.

Investor Tiongkok, Wang Jianlin, yang memiliki saham di Atletico Madrid, berada di urutan ke-18 dengan total kekayaan US$ 31,3 miliar. François-Henri Pinault, pemilik klub Prancis Rennes (Stade Rennais FC)  hanya terpaut sedikit di bawah Usmanov.

Sementara itu, Dietmar Hopp pemilik klub Bundesliga Hoffenheim berada di posisi ke-140 dengan total kekayaan US$ 9 miliar, dan pemilik Fulham, Shahid Khan juga masuk dalam daftar orang kaya dunia dengan total kekayaan US$ 8,2 miliar.






Sumber: Mirror
ARTIKEL TERKAIT