Striker Marcus Rashford (kanan) melepaskan tendangan yang menghasilkan gol ke gawang Anderlecht dan menjadi penentu lolosnya Manchester United ke semifinal Liga Europa, Kamis, 21 April 2017.

Jadi Pahlawan MU, Ini Kata Rashford

Striker Marcus Rashford (kanan) melepaskan tendangan yang menghasilkan gol ke gawang Anderlecht dan menjadi penentu lolosnya Manchester United ke semifinal Liga Europa, Kamis, 21 April 2017. (AFP)

Manchester - Striker belia Marcus Rashford kembali menjadi pahlawan Manchester United. Kali ini dia menjadi penentu lolosnya klub top Inggris itu ke semifinal Liga Europa, Rabu (20/4) atau Kamis dini hari WIB.

Dalam laga di Stadion Old Trafford, Setan Merah melaju ke empat besar setelah menang 2-1 atas wakil Belgia, Anderlecht. Kemenangan ini dicapai lewat perjuangan yang sangat berat.

Henrikh Mkhitaryan memang membawa tuan rumah unggul lebih dulu pada menit ke-10. Namun Anderlecht mampu menyamakan skor pada menit ke-32 melalui aksi Sofiane Hanni.

Hingga 2 x 45 menit skor 1-1 tak berubah. Pertandingan di kandang Anderlecht pekan lalu juga berakhir imbang dengan skor sama. Laga pun harus diselesaikan dengan babak tambahan.

Rashford yang bermain sejak menit pertama akhirnya menjadi penentu kemenangan timnya seelah menjebol gawang Ruben pada menit ke-107. Publik Old Trafford pun bersorak. Manajer Jose Mourinho pun tak bisa menyimpan kegembiraannya. MU lolos karena unggul agregat 3-2 dan menjaga peluang meraih tiket Liga Champions via Liga Europa.

MU sebenarnya memiliki beberapa peluang sepanjang pertandingan ini namun gagal memaksimalkannya menjadi gol. Rashford pun merasa bersalah namun akhirnya lega karena bisa mencetak gol yang mengatar pasukannya ke empat besar.

“Hal yang harus saya lakukan adalah terus mencoba membuat peluang dan itulah yang kami lakukan,” kata Rashford yang juga menjadi bintang akhir pekan lalu dengan mencetak gol kemenangan timnya atas Chelsea.

“Kami mengurung mereka pada babak kedua dan mulai menekan mereka sebagai sebuah tim. Ini memang harus dilakukan,” kata striker yang baru berusia 19 tahun ini.

“Kami mendapat banyak peluang dan seharusnya bisa mencetak banyak gol namun kadang pertandingan memang seperti itu. Kami akhirnya bisa mencetak gol. Semua orang senang sekarang,” papar Rashford.

“Anda cuma harus terus mencobanya dan berharap ada peluang berikutnya. Kami mengarungi laga ini dengan berat namun itu semua kini bukan masalah lagi,” kata Rashford.

Undian untuk menentukan siapa yang akan dihadapi MU di babak empat besar akan dilakukan di Nyon, Jumat (21/4). Selain pasuka Mourinho, tim lain yang lolos ke semifinal adalah Ajax (Belanda), Lyon (Prancis), dan Celta Vigo (Spanyol).



Jaja Suteja/JAS

BT Sport