Bertandang ke Markas Feyenoord, Manchester City Waspada

Feyenoord vs Manchester City. (Twitter)

Oleh: Yudo Dahono / YUD | Rabu, 13 September 2017 | 12:31 WIB

Rotterdam – Feyenoord menghadapi ujian yang cukup berat saat menjamu Manchester City, Rabu (13/9) waktu setempat di Rotterdam. Dalam laga perdana di penyisihan Grup F Liga Champions 2017/18, Feyenoord harus menjamu tim yang menjadi kandidat juara Liga Champions.

Seperti diutarakan pelatih Feyenoord Giovanni van Bronckhorst, The Citizens adalah klub besar dengan pelatih yang bagus serta pemain yang hebat.

“Mereka menjalani awal musim dengan baik, dan mereka adalah klub besar dengan pelatih yang baik serta pemain-pemain berkelas. Saya sudah melihat beberapa pertandingan mereka dan mereka adalah salah satu dari tim terbaik di Eropa. Ini akan menjadi tugas berat bagi kami, tapi sekaligus juga kesempatan besar untuk mendapat hasil positif,” kata Van Bronckhorst.

“Jika Anda memiliki skuat seperti halnya yang dimiliki Manchester City, pemain berkualitas dengan pengalaman yang banyak – bagi saya mereka adalah salah satu tim yang bakal menjuarai Liga Champions.”

Sebaliknya pelatih Manchester City Josep Guardiola juga tidak memandang remeh Feyenoord. Pelatih asal Spanyol itu menyatakan bahwa dia akan memainkan tim terbaiknya saat bermain di Stadion Feijenoord nanti.

“Kami harus mendapatkan rasa hormat di Eropa. Saya tahu kalau hal tersebut bakal cukup sulit. Tahun lalu kami gagal memenangkan satu pun pertandingan tandang,” kata Guardiola.

Musim ini Feyenoord yang diasuh Van Bronckhorst berhasil memenangkan empat laga pertama mereka di kompetisi liga Eredivisie. Bahkan tim berjuluk De club aan de Maas itu berhasil mencetak 12 gol ke gawang lawan. Hasil tersebut membuat Feyenoord meninggalkan pesaing mereka di puncak klasemen Liga Belanda hingga pekan ke-4.

Sayangnya saat menjamu Manchester City, Feyenoord harus kehilangan striker andalan mereka Nicolai Jorgensen. Jorgensen absen setelah menderita cedera pada pertandingan melawan Heracles akhir pekan lalu. Absennya Jorgensen membuat posisi diisi oleh Michiel Kramer di lini depan.

Sementara itu bek tengah Eric Botteghin yang diistirahatkan pada pekan lalu bakal kembali diandalkan di jantung pertahanan Feyenoord.

Sebaliknya Manchester City kembali kehilangan sang kapten Vincent Kompany yang masih dalam proses penyembuhan cedera betis. Begitu pula dengan gelandang senior Yaya Toure.

Kendati sempat menderita cedera di bagian muka, kiper Ederson diyakini bakal kembali dipasang Guardiola di bawah gawang The Citizens. Sementara itu Ilkay Gundongan yang berangsur pulih sudah masuk dalam daftar nama di bangku cadangan Manchester City.

Raheem Sterling dapat kembali bermain setelah menjalani skorsing di kompetisi domestik dan tak tampil saat Manchester City menghantam Liverpool, 5-0 pekan lalu.

Kualitas pemain yang dimiliki skuat The Citizens membuat Guardiola bakal melakukan rotasi menghadapi Feyenoord. Meski begitu, Guardiola tetap akan menurunkan komposisi pemain terbaik seperti yang telah ditandaskannya sebelum pertandingan.

Manchester City memang diunggulkan pada pertandingan ini. Kendati begitu Feyenoord tak boleh dipandang sebelah mata. Skuat asuhan Van Bronckhorst tampil bagus sejak awal musim dan dengan dukungan dari publik Stadion Feijenoord, hasil di lapangan bisa berakhir dengan kejutan.

Feyenoord vs Manchester City
Grup F Liga Champions 2017/18, Rabu (13/9)
Stadion Feijenoord, Rotterdam
Wasit: Szymon Marciniak (Polandia)

Perkiraan formasi:
Feyenoord (4-3-3):
Jones
Diks, Heijden, Botteghin, Haps
Ahmadi, Toornstra, Vilhena
Berghuis, Kramer, Boetius
Pelatih: Giovanni van Bronckhorst

Manchester City (4-1-4-1):
Ederson
Walker, Stones, Otamendi, Mendy
Fernandinho
Sterling, Silva, Bruyne, Sane
Jesus
Pelatih: Josep Guardiola

Lima pertandingan terakhir Feyenoord:
05/08/17 Feyenoord P 1 - 1 Vitesse
13/08/17 Feyenoord 2 - 1 Twente
20/08/17 Excelsior 0 - 1 Feyenoord
27/08/17 Feyenoord 5 - 0 Willem II
09/09/17 Heracles 2 - 4 Feyenoord

Lima pertandingan terakhir Manchester City:
12/08/17 Brighton & Hove Albion 0 - 2 Manchester City
15/08/17 Girona 1 - 0 Manchester City
22/08/17 Manchester City 1 - 1 Everton
26/08/17 AFC Bournemouth 1 - 2 Manchester City
09/09/17 Manchester City 5 - 0 Liverpool

Pertemuan sebelumnya: -




Sumber: Who Scored, BBC
ARTIKEL TERKAIT