Qatar: Persiapan Piala Dunia 2022 Masih Sesuai Jadwal

Stadion Khalifa salah satu venues Piala Dunia 2022 di Qatar (FIFA World Cup)

Oleh: Faisal Maliki Baskoro / FMB | Sabtu, 7 Oktober 2017 | 20:52 WIB

Doha - Qatar berjanji pelaksanaan Piala Dunia 2022 akan berjalan sesuai rencana meskipun negara itu menghadapi blokade dari Arab Saudi dan negara-negara tetangganya.

Hassan al-Thawadi, sekretaris jenderal panitia Qatar World Cup mengatakan hambatan logistik bisa diatasi dan pembangunan infrastruktur terus berjalan dengan penambahan biaya yang minimal.

"Kami sudah terbiasa menghadapi kritik dan cobaan selama bertahun-tahun dan kami selalu berhasil. Proyek ini masih berjalan sesuai jadwal. Blokade ini tidak berisiko menggagalkan Piala Dunia," kata Thawadi.

Arab Saudi dan negara-negara sekutunya menuduh Qatar melindungi teroris di Timur Tengah. Saudi kemudian menghukum Qatar dengan menutup perbatasannya, baik di darat, laut, dan udara. Tuduhan ini telah dibantah keras oleh Qatar.

"Setiap proyek punya rencana darurat. Kami sudah mengontak para kontraktor dan menyiapkan jalur distribusi alternatif. Saya bisa menyampaikan bahwa proyek masih berjalan sesuai jadwal dan tidak ada dampak signifikan dari blokade," kata Thawadi.

Sebelumnya, Qatar menyatakan sanggup bertahan dari blokade Arab dengan dana cadangan US$ 340 miliar atau sekitar Rp 4.500 triliun. Gubernur Bank Sentral Qatar Sheikh Abdullah Bin Saoud al-Thani menegaskan pemerintah Qatar sanggup bertahan dari isolasi negara Arab dengan dana cadangan tersebut.

Al-Thani mengatakan bahwa bank sentral memiliki US$40 miliar dalam bentuk emas. Sementara Lembaga Otoritas Investasi Asing Qatar memiliki cadangan US$300 miliar yang dapat dicairkan.




Sumber: Aljazeera
ARTIKEL TERKAIT