Menjamu Manchester City, Shakhtar Incar Poin

Trofi Liga Champions (AFP)

Oleh: Yudo Dahono / YUD | Rabu, 6 Desember 2017 | 10:43 WIB

Donetsk – Shakhtar Donetsk membutuhkan angka saat menjamu Manchester City dalam lanjutan laga Liga Champions 2017/18 Grup F, Rabu (6/12). Kendati berada di peringkat kedua klasemen Grup F, Shakhtar belum sepenuhnya aman guna melaju ke babak selanjutnya. Guna memastikan langkah ke babak 16 Besar, Shakhtar membutuhkan setidaknya satu angka pada pertandingan terakhir di Grup F.

Sayangnya kendati bermain di kandang sendiri, hitungan matematis di atas kertas tidak serta merta bisa diwujudkan dengan mudah di lapangan. Menjamu Manchester City yang berada di puncak performa mereka membuat Shakhtar harus bekerja keras saat menjamu The Citizens.

Untungnya The Citizens sudah pasti lolos dari Grup F dan diyakini akan menurunkan tim yang lebih lemah pada pertandingan nanti. David Silva dipastikan absen karena cedera, begitu pula Kevin De Bruyne yang bakal disimpan guna menghadapi laga penting melawan Manchester United pada laga akhir pekan nanti.

Selain memainkan formasi yang lebih lemah, The Citizens mulai kedodoran di tiga laga terakhir mereka. The Sky Blues harus bersusah payah untuk menang 2-1 atas Huddersfield Town, Southampton serta West Ham. Inilah mengapa Shakhtar berpeluang guna mengais angka saat menjamu The Citizens di Stadion Oblasny.

Shakhtar sendiri cukup mengamankan satu poin guna memastikan langkah ke 16 Besar, bahkan kekalahan dari Manchester City dapat membawa Hirnyky lolos dengan syarat Napoli gagal menundukkan Feyenoord pada pertandingan lainnya.

Menghadapi Man City, Shakhtar tak dapat menurunkan Bogdan Butko dan Taison yang mengalami cedera. Pelatih Shakhtar Paulo Fonseca juga dapat bisa memasang Sergey Krivtsov serta Maksim Malyshev yang sudah lebih dulu absen karena cedera.

Kondisi yang sama juga dialami Darijo Srna yang membuat Shakhtar kekurangan pemain di posisi bek kanan. Fonseca harus memaksakan Ivan Petryak pada posisi itu seperti yang telah dilakukannya pada laga akhir pekan lalu. Pada posisi bek tengah, Viktor Kovalenko akan menempati tempat Taison berduet dengan Facundo Ferreyra.

Sementara itu Manchester City bakal melakukan rotasi setelah memastikan diri lolos di posisi pertama Grup F. Terlebih lagi laga sengit di Derby Manchester bakal menantikan skuat The Sky Blues setelah lawatan ke Donetsk.

Dengan skorsing yang harus dijalani Kevin De Bruyne serta cedera yang diderita John Stones, Benjamin Mendy serta David Silva membuat komposisi The Citizens bakal banyak berubah.

Pelatih Josep Guardiola akan mengatur kombinasi baru di mana Ilkay Gundogan, Yaya Toure, Bernardo Silva, Phil Foden, Eliaquim Mangala serta Claudio Bravo bakal menjadi bagian dari formasi tersebut.

Shakhtar berpeluang mengais poin dari lawatan Manchester City. Sayangnya kendati menghadapi lawan yang tidak tampil dengan kekuatan terbaiknya, Hirnyky justru menghadapi kendala di mana pelatih Fonseca justru tidak dapat memainkan komposisi terkuat Shakhtar.

Shakhtar Donetsk vs Manchester City
Liga Champions Grup F, match day ke-6, Rabu (6/12)
Stadion Oblasny, Donetsk
Wasit: Benoit Bastien

Perkiraan pemain:
Shakhtar Donetsk (4-2-3-1)
Pyatov
Petryak, Ordets, Rakitskiy, Ismaily
Fred, Stepanenko
Marlos, Kovalenko, Bernard
Ferreyra
Pelatih: Paulo Fonseca

Manchester City (4-1-4-1)
Ederson
Danilo, Mangala, Otamendi, Delph
Fernandinho
Sane, Toure, Gundogan, B Silva
Jesus
Pelatih: Josep Guardiola

Lima pertandingan terakhir Shakhtar:
18/11/17 Shakhtar Donetsk 1 - 2 Oleksandria
22/11/17 Napoli 3 - 0 Shakhtar Donetsk
25/11/17 Olimpik Donetsk 2 - 4 Shakhtar Donetsk
30/11/17 Shakhtar Donetsk 4 - 0 Veres
02/12/17 Shakhtar Donetsk 2 - 0 Veres

Lima pertandingan terakhir Man City:
18/11/17 Leicester City 0 - 2 Manchester City
22/11/17 Manchester City 1 - 0 Feyenoord
26/11/17 Huddersfield Town 1 - 2 Manchester City
30/11/17 Manchester City 2 - 1 Southampton
03/12/17 Manchester City 2 - 1 West Ham United

Pertemuan sebelumnya:
27/09/17 Manchester City 2 - 0 Shakhtar Donetsk

 




Sumber: Who Scored, Soccerway
ARTIKEL TERKAIT