PSSI
Timnas U-14 di bawah komando pelatih Maman Suryaman mulai mempersiapkan diri untuk turun di AFC Cup U-14 di Kinabalu, Malaysia, 30 Mei - 3 Juni.

"Ada 30 pemain hasil seleksi yang dipanggil ke Jakarta. Tapi baru 24 pemain yang hadir. Pemain lainnya akan menyusul," kata Manajer Timnas U-14, Taufik Jursal di Jakarta, hari ini.

Lebih lanjut menurut Taufik, untuk menghadapi AFC Cup U-14, pihaknya menginstruksikan kepada jajaran pelatih untuk mempersiapkan tim dengan baik. Hal ini dilakukan agar hasil kejuaraan di Malaysia ini bisa maksimal.

Dari 30 pemain yang dipanggil, hanya 22 pemain saja yang akan diterbangkan ke Malaysia. Untuk menentukan siapa pemain yang diberangkatkan, proses seleksi akan dilakukan di Lapangan C Senayan, Jakarta.

"Mulai hari ini pemain yang telah hadir sudah dipantau oleh jajaran pelatih. Untuk pemain lainnya menyusul. Malam ini mereka tiba di Jakarta," imbuhnya.

Taufik mengaku proses seleksi ini akan dilakukan hingga menjelang keberangkatan ke Malaysia, Senin (28/5). Dalam proses seleksi ini, Timnas U-14 juga diagendakan beberapa kali menjalani pertandingan uji coba.

Ditanya siapa calon lawan Timnas Garuda Muda, Taufik belum bisa menjelaskan. Lawan yang dihadapi baru dapat diketahui saat undian. Sesuai dengan jadwal undian baru dilakukan 26 Mei nanti.

"Pertandingan nantinya ada dua tahap. Yang pertama main 1 X 30 menit lawan enam negara dan 2 X 30 menit melawan tiga negara," jelasnya.

Sementara itu pelatih Timnas U-14, Maman Suryaman, mengaku, meski waktu yang ada tidak panjang pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk membangun tim. Salah satu langkah yang disiapkan adalah memperpadat program latihan.

"Sepak bola adalah permainan kolektif. Jadi masih perlu banyak latihan dan uji coba. Rencananya kami menjadwalkan empat kali uji coba," papar Maman.

Menurut dia, banyaknya uji coba yang dilakukan adalah untuk menjaga kekompakan tim. Apalagi pemain yang ada merupakan hasil seleksi dari seluruh Indonesia dan memiliki karakter yang berbeda.

Penulis: