Pemain Timnas Indonesia  Elie Aiboy  berebut bola dengan pemain Singapura  Muhammad Irwan Shah pada pertandingan Grup B piala AFF di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia. FOTO: PA/SHAMSHAHRIN SHAMSUDIN
Meski berada di puncak klasemen bukan berarti Timnas Garuda akan langsung lolos ke semifinal.

Timnas Indonesia menggeser posisi Singapura di puncak klasemen sementara Piala AFF 2012 Grup B, setelah mampu mengumpulkan empat poin dari dua pertandingan yang telah dijalani.

Anak asuh Nil Maizar ini mendapatkan empat poin saat menahan Laos 2-2 pada pertandingan perdana di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur, Minggu (25/11) dan menang atas Singapura 1-0 ditempat yang sama, Rabu.

Sedangkan Singapura harus tergeser diposisi dua dengan tiga poin. Poin yang diraih oleh anak asuh Radojko Avramovic ini didapat saat mengalahkan tuan rumah Malaysia dengan skor telak 3-0.

Meski saat ini berada di puncak klasemen bukan berarti Timnas Garuda akan langsung lolos ke semifinal. Masih ada satu pertandingan penentuan yang harus dijalani yaitu melawan tuan rumah Malaysia, Sabtu (1/12).

"Kita harus menargetkan mampu meraih tiga poin disemua pertandingan. Makanya kita harus bekerja keras," kata salah satu pemain Timnas Indonesia, Irfan Bachdim, usai bertanding melawan Singapura.

Tekanan bagi Timnas Garuda di pertandingan terakhir jelas akan lebih berat. Malaysia yang kalah dipertandingan pertama mengamuk dengan mengalahkan Laos dengan skor telak 4-1. Dengan hasil ini anak asuh Rajagobal ini mampu mengumpulkan tiga poin sama dengan Singapura.

Jika ingin lolos secara otomatis maka anak asuh Nil Maizar ini minimal harus mampu menahan imbang Timnas Malaysia atau bahkan mengalahkan anak asuh Rajagobal itu pada pertandingan terakhir nanti.

Begitu juga sebaliknya. Jika Indonesia menyerah dari Malaysia dipertandingan terakhir maka tim tuan rumahlah yang akan melenggang ke semifinal. Malaysia berpeluang memuncaki klasemen jika Singapura hanya imbang melawan Laos.

Jika Singapura imbang maka poin yang dimilik sama dengan Indonesia yaitu empat. Guna mencari siapa yang berhak lolos ke semifinal akan ditentukan berdasarkan head to head.

"Kita harus secepatnya fokus untuk menjalani pertandingan terakhir. Kita harus memaksimalkan pertandingan nanti," kata pelatih Timnas Garuda, Nil Maizar.

Hingga pertandingan kedua Piala AFF 2012 Grup B ini bisa dipastikan belum ada satupun tim yang lolos ke semifinal. Siapa yang berhak lolos baru bisa ditentukan pada pertandingan terakhir, Sabtu (1/12).

Penulis:

Sumber:Antara