Supporter Persis Solo, Pasoepati
"Kami sedang berduka karena persepakbolaan Indonesia akan dikenai sanksi, tetapi mereka justru berpesta mengadakan turnamen di Solo."

Ratusan suporter klub Persis Solo yang akrab disapa Pasoepati melakukan aksi di Bundaran Gladag Solo, hari ini, untuk memboikot turnamen sepak bola Inter Island Cup 2012 di Stadion Manahan Kota Solo.

Selain melakukan orasi, Pasoepati juga menyanyikan lagu-lagu kebanggaan suporter, menyalakan kembang api, dan menggelar sejumlah poster yang intinya memboikot dan menolak Inter Island Cup.

Para suporter juga membawa keranda mayat bertuliskan "Mati Nurani Sepak Bola Negeri ini".

Sejumlah spanduk juga dibentangkan, antara lain bertuliskan "Kami tahu anda bukan Amatir dan Profesional", "Jangan Berpesta di Rumah Kami, Karena Pasoepati sedang Berkabung", "Bola Kamu Jadikan Politik, sedangkan Kami Tidak".

Sekjen Pasoepati Solo, Anwar Sanusi, mengatakan  pihaknya memboikot diselenggarakan turnamen Inter Island Cup di Solo.

"Kami sedang berduka karena persepakbolaan Indonesia akan dikenai sanksi, tetapi mereka justru berpesta mengadakan turnamen di Solo," katanya.

Pasoepati berharap semua anggota tidak berada di areal Stadion Manahan selama pertandingan.

Selain itu, Pasoepati tidak mengadakan tim penjemputan kepada seluruh suporter tamu seperti Tim Arema Malang, Persib Bandung, Persisam Samarinda, dan Sriwijaya FC yang akan datang ke Kota Solo.

"Pasoepati tidak akan ikut campur apabila ada benturan antarsuporter selama Inter Island Cup digelar di Stadion Manahan Solo," kata Anwar.

Pasoepati juga akan menuntut pertanggungjawaban Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) selaku penyelenggara Inter Island Cup apabila terjadi keributan selama pertandingan di Stadion Manahan Solo.

Ratusan Pasoepati tersebut setelah puas menyampaikan orasi kemudian membubarkan diri secara tertib. Aksi berlangsung lancar meskipun di bawah guyuran hujan.

Pertandingan babak semifinal turnamen Inter Island Cup 2012 akan diselenggarakan di Stadion Manahan Solo, Minggu (16/12), antara Tim Persisam melawan Persib, sedangkan Arema melawan Sriwijaya FC pada laga kedua.       

Penulis:

Sumber:Antara