Pelatih AC Milan dan Pelatih Barcelona

Siaran Langsung SCTV, Kamis, 21 Februari 02.30 WIB


Milan – Duel dua raksasa sepak bola Eropa di Liga Champions bakal tersaji di Stadion Giuseppe Meazza, Kamis (21/2) dinihari WIB nanti. AC Milan bakal menjamu Barcelona di leg pertama 16 Besar Liga Champions 2012/13.

Kendati berstatus sebagai tuan rumah, Milan justru menjadi underdog di pertandingan ini. Kendati begitu pelatih Milan Massimiliano Allegri justru melihat status tersebut bakal menguntungkan mereka.

Berbekal hasil musim lalu, i Rossoneri bakal percaya diri saat menjamu Barcelona. Milan berhasil menahan imbang Barca, 0-0 di San Siro, Maret 2012 sebelum akhirnya menyerah 1-3 di Camp Nou pada leg kedua perempatfinal Liga Champions 2011/12.

“Milan - Barcelona berarti kami menghadapi tim terbaik dunia, tapi saya tak bias menerima bahwa dalam dua pekan terakhir semua orang sudah memberikan cap kambing kurban kepada kami,” kata Allegri.

“Kami akan berusaha mencoba membatasi penguasaan bola mereka, itu bakal membuat mereka sedikit tak berbahaya. Karena mereka begitu berbahaya ketika keluar menyerang. Kami harus tampil bagus saat menguasai bola, karena mungkin saja mereka bakal membuat kesalahan di lini belakang.”

Allegri bisa saja percaya diri, sayangnya statistik Milan tak begitu bagus saat bertemu Barca. Dalam tujuh pertemuan terakhir tak sekalipun Milan berhasil meraih kemenangan.

Tapi tiga dari lima pertemuan terakhir antara Milan melawan Barca berakhir dengan hasil imbang. Selain itu Milan sudah menang tujuh kali dari delapan pertandingan kandang mereka.

Sebaliknya gawang Barcelona justru tak pernah perawan di tujuh pertandingan tandang terakhir mereka.

Barca yang menjadi juara Liga Champions tiga kali di tujuh musim terakhir tentu saja menjadi kandidat kuat bakal kembali menjadi kampiun. Kendati begitu striker Pedro mewaspadai kekuatan Milan di laga nanti.

“Milan selalu akan menjadi lawan yang menyulitkan karena mereka memiliki sejarah panjang dan pemain yang membahayakan. Apapun bisa terjadi dalam dua laga tandang-kandang di Liga Champions. Kami harus berkonsentrasi dan lugas saat bertahan,” papar Pedro.

Milan merasa optimis bisa menurunkan striker muda Stephan El Shaarawy di San Siro nanti. Penyerang berumur 20 tahun itu sudah kembali pulih dari cedera lutut yang dialaminya. Sementara itu striker Giampaolo Pazzini juga sudah pulih dari cedera paha.

Sayangnya Milan tak dapat memainkan Mario Balotelli di laga ini karena cup tied. Balotelli sebelumnya sudah merumput bersama Manchester City di babak penyisihan grup.

Milan akan menurunkan susunan pemain belakang Kevin Constant, Cristian Zapata, Philippe Mexes serta Ignazio Abate. Sementara itu Riccardo Montolivo bakal tampil di sektor gelandang.

Sementara itu Barcelona sudah bisa menurunkan Xavi setelah kembali berlatih, Senin (18/2). Sayangnya David Villa tak diikutsertakan dalam tim ke Milan karena harus memulihkan diri dari sakit batu ginjal, sementara itu Adriano juga tak bisa tampil karena cedera hamstring, begitu pula dengan kondisi Eric Abidal.

Rekor Milan saat bertemu tim asal Spanyol adalah menang 11 kali, imbang enam kali dan kalah enam kali.

Sementara itu Barcelona tak pernah kalah dalam tujuh pertemuan terakhir mereka melawan Milan. Sayangnya catatan Barcelona di tanah Italia tak begitu bagus, Barca menang enam kali, seri tujuh kali dan kalah lima kali saat bermain di negeri pizza.

Kendati begitu Blaugrana sudah meraih delapan dari 11 laga tandang terakhir mereka di LIga Champions dan mereka tengah mengincar kali keenam secara beruntun berlaga di babak perempatfinal.

Adu cerdik dan pintar bakal tersaji di lapangan hijau nanti. Milan akan berusaha membatasi penguasaan bola Barcelona sembari mencari celah melalui serangan balik ataupun bola mati.

Sebaliknya Barca bakal berusaha keras menguasai pertandingan dan mengurung pertahanan Milan.

Siapakah yang lebih pintar memanfaatkan peluang? Jawabannya bisa kita saksikan pada duel sengit, Kamis (21/2) dinihari WIB nanti.

AC Milan vs Barcelona
Stadion San Siro (Giuseppe Meazza), Milan, Rabu (20/2)
Wasit: Craig Thomson

Perkiraan Formasi:
AC Milan (4-3-3)
Abbiati
Abate, Zapata, Mexes, De Sciglio
Montolivo, Ambrosini, Nocerino
Boateng, Pazzini, El Shaarawy
Pelatih: Massimiliano Allegri       

Barcelona (4-3-3)
Valdes
Alves, Pique, Puyol, Alba
Xavi, Busquets, Fabregas
Pedro, Messi, Iniesta
Pelatih: Tito Vilanova

Penulis: Yudo Dahono/YUD

Sumber:Sky Sports, Goal, Soccerway