Luis Enrique Protes Kartu Merah untuk Neymar

Penyerang Barcelona, Neymar (kiri), diganjar kartu merah oleh wasit Jesus Gil Manzano dalam pertandingan La Liga, Sabtu, 8 April 2017. (AFP)

Oleh: Jaja Suteja / JAS | Minggu, 9 April 2017 | 07:28 WIB

Malaga - Pelatih Barcelona Luis Enrique memprotes keputusan wasit Jesus Gil Manzano yang memberi kartu merah kepada Neymar saat klub Catalan itu kalah 0-2 di kandang Malaga, Sabtu (8/4) atau Minggu dini hari WIB.

Pemain asal Brasil itu mendapat kartu kuning pertamanya karena dianggap memperlambat tendangan bebas yang didapat Malaga dengan mengencangkan tali sepatu di depan bola. Dia kemudian diganjar kartu kuning kedua pada menit ke-65 karena mengganjal Diego Llorente. Manzano pun kemudian mengeluarkan kartu merah untuk Neymar.

Ini kartu merah pertama yang didapat Neymar sejak bergaung dengan Barcelona dari Santos tahun 2013. Luis Enrique pun merasa pemain andalannya itu tak pantas diusir keluar lapangan.

"Saya percaya interprestasi terhadap tindakan yang pantas mendapat kertu merah itu sangat spesial," papar Luis Enrique. 

"Kita harus sangat hati-hati dalam beberapa pertandingan karena ada tackle dari belakang namun tidak harus mendapat kartu kuning bahkan saat tindakan itu memang pantas mendapat kartu," kata Luis Enrique.

"Lalu mengencangkan tali sepatu kemudian diganjar kartu kuning," ungkapnya.

"Sangat memprihatinkan sebuah tim yang tidak bermain kasar mendapat kartu kuning yang tak beralasan. Khususnya ketika tim lawan sering melakukan pelanggaran namun tidak mendapat kartu kuning," paparnya.

"Ini memprihatinkan namun kami terbiasa dengan hal ini," ungkap Luis Enrique lagi.

Kartu merah ini membuat Neymar harus absen dalam pertandingan melawan Real Sociedad. Namun dia tetap bisa tampil dalam laga El Clasico melawan Real Madrid, kecuali dia mendapat hukuman tambahan karena bertepuk tangan di depan wasit setelah diusir keluar.

Hasil di Stadion La Rosaleda ini merupakan kekalahan keempat yang dialami Barcelona musim ini. Dua gol ke gawang Barcelona yang dijaga Marc Andre ter Stegen dicetak Sandro Ramirez pada menit ke-32 dan Jony di pengujung laga. Kegagalan memetik poin ini membuat selisih Barcelona dengan pemimpin klasemen Real Madrid bertambah menjadi tiga poin. 

Real Madrid sendiri hanya bermain imbang 1-1 dalam laga derby Ibu Kota Spanyol melawan Atletico Madrid. Namun Real Madrid baru memainkan 30 pertandingan sementara Barcelona sudah tampil 31 kali. 




Sumber: Goal
ARTIKEL TERKAIT