Pelatih Sevilla, Jorge Sampaoli.

Sevilla Ingatkan AFA Tak Gaet Sampaoli Jadi Pelatih Argentina

Pelatih Sevilla, Jorge Sampaoli. (AFP)

Sevilla – Klub Spanyol, Sevilla, mengingatkan Federasi Sepakbola Argentina (AFA) untuk tidak berupaya menjadikan pelatih mereka, Jorge Sampaoli, menjadi pelatih Tim Tango.

Argentina memang tengah mencari pelatih baru menyusul didepaknya Edgardo Bauza, Selasa lalu. Nama Sampaoli dikabarkan menjadi kandidat utama. Namun Sevilla tak ingin kehilangan dia dan mengingatkan AFA.

Sevilla mengingatkan bahwa Sampaoli terikat kontrak dengan mereka hingga 2018. Sevilla mengeluarkan surat kepada AFA untuk merespons laporan berbagai media internasional tentang kemungkinan ketertarikan AFA merekrut Sampaoli, yang terikat kontrak hingga 31 Juni 2018.

Surat itu juga dikirimkan sebagai tanggapan atas ucapan Presiden AFA Claudio Tapia yang menyatakan dirinya akan melakukan pertemuan dengan dalam beberapa hari mendatang.

“Sevilla telah mengirim surat kepada AFA untuk memastikan bahwa klub akan menganggap AFA tidak tidak memiliki respek jika dugaan-dugaan itu benar adanya,” begitu pernyataan Sevilla.

“Sevilla juga menegaskan pertemuan atau kontak dengan maksud meyakinkan Sampaoli agar mengakhiri kontraknya dengan klub ini juga sama sekali tak bisa diterima dan klub tak akan ragu melakuan tindakan,” papar Sevilla dalam pernyataan tersebut.

Sampaoli diangkat menjadi pelatih Sevilla pada awal musim 2016/17 untuk menggantikan Unai Emery yang hengkang ke Paris Saint-Germain. Performa Sevilla di bawah Sampaoli tergolong tak mengecewakan.

Sevilla kini bertengger di posisi keempat saat kompetisi La Liga tinggal menyisakan tujuh pertandingan. Sampaoli juga berhasil membawa timnya melaju ke-16 besar Liga Champions sebelum dihentikan Leicester City.

Namun Argentina sjuga sangat membutuhkan tenaga dan pikirannya. Kini “Tim Tango” bertengger di posisi kelima klasemen kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Amerika Latin. Jika tak bisa memperbaiki posisinya maka Argentina harus melewati babak playoff untuk bisa mendapat tiket ke Rusia.

Sampaoli dianggap sosok yang tepat menangani Timnas Argentina karena sukses saat menangani Cile. Berkat Sampaoli, Cile berhasil menyabet gear juara Copa America atau Piala Amerika.



Jaja Suteja/JAS

Goal