Andres Iniesta, gelandang jenius Barcelona dan tim nasional Spanyol
Membuka keunggulan pada menit 8 lewat sundulan Pedro

Andres Iniesta dan Lionel Messi menjadi pahlawan Barcelona untuk lolos ke semi final Copa Del Rey setelah keduanya mencetak gol penentu kekalahan Malaga dalam leg kedua perempat final yang berlangsung di Estadio La Rosaleda, Jumat (25/1).

Barca sempat dua kali tertahan dalam laga yang berakhir 4-2 itu. Untungnya aksi brilian Iniesta dan Messi jelang penghujung babak kedua memastikan kemenangan Barcelona yang sejak menit 68 hanya bermain imbang 2-2 dengan tim tuan rumah.

Di semi final kelak Barca akan langsung berhadapan dengan musuh bebuyutannya Real Madrid yang sudah memastikan diri lolos ke semi final setelah mengalahkan Valencia dengan agregat 3-1. "El clasico" akan berlangsung pada Rabu (30/1) dan Rabu (27/2).

Barcelona yang menurunkan Lionel Messi sejak awal laga membuka keunggulan pada menit 8 lewat sundulan Pedro yang memanfaatkan umpan silang lambung akurat dari Dani Alves di sisi kanan.

Tetapi keunggulan Barca tidak berlangsung lama. Hanya berselang empat menit Joaquin Sanchez mencetak gol penyeimbang kedudukan memanfaatkan umpan datar Duda.

Hingga babak pertama berakhir kedudukan imbang 1-1.

Usai turun minum Barcelona kembali menggebrak dan langsung menuai hasil. Bek tengah Gerard Pique yang maju meninggalkan posnya membobol gawang Malaga pada menit 49, untuk membawa tim asal Catalan itu unggul 2-1.

Tetapi sekali lagi Barcelona harus menunda perayaan karena Roque Santa Cruz mencetak gol penyama kedudukan pada menit 68. Memanfaatkan sodoran Joaquin di depan kotak pinalti Barca, Santa Cruz yang tidak terkawal berhasil melepaskan tembakan datar yang melewati sela-sela kaki Pique sebelum meluncur mulus ke dalam gawang yang dijaga Jose Manuel Pinto.

Barcelona kembali mendapat angin segar pada menit 76 ketika Iniesta, yang mendapat sodoran apik dari Fabregas mampu mengecoh Kameni untuk membawa Barca unggul 3-2. Empat menit berselang, Messi akhirnya menggenapkan keunggulan Barca dengan sundulan terarah setelah mendapat umpan sempurna dari Dani Alves.

Dengan kemenangan itu Barca unggul 6-4 secara agregat setelah kedua tim hanya bermain imbang 2-2 dalam leg pertama perempat final di Camp Nou, 16 Januari silam.

Barcelona mendominasi laga dengan penguasaan bola lebih dari 60 persen. Sejumlah peluang emas juga lahir dari kaki para punggawa Barca.

Salah satu peluang terbaik misalnya ketika Messi hanya tinggal berhadapan dengan penjaga gawang Malaga di babak pertama. Sayang bola yang berhasil direbut Messi dari kaki Demichelis itu gagal menjadi gol setelah ditepis oleh Kameni.

Tidak lama berselang Iniesta yang harus menahan nafas ketika tembakannya dari dalam kotak pinalti masih menghantam mistar gawang Kameni.

Berikut adalah line up kedua tim:

Barcelona (4-3-3): Jose Manuel Pinto, Dani Alves, Gerard Pique, Mascherano, Jordi Alba; Xavi Hernandez, Sergio Busquets, Cesc Fabregas; Pedro, Lionel Messi, dan Andres Iniesta
 
Malaga (4-4-2): Kameni, Gamez, Demichelis, Weligton, Eliseu, Seba, Camacho, Iturra, Duda, Joaquin, dan Santa Cruz

Penulis: