Bizzy Akuisisi Start-up Alpha i

Bizzy menunjuk Andrew Mawikere sebagai Chief Executive Officer (CEO) yang baru.

Oleh: Abdul Muslim / GOR | Jumat, 12 Mei 2017 | 15:59 WIB

JAKARTA – Bizzy.co.id, perusahaan penyedia e-procurement dan e-commerce business to business (B2B) di Indonesia, telah mengakuisisi perusahaan rintisan berbasis teknologi (start-up) Alpha. Hal itu dilakukan untuk memperkuat penetrasi bisnis pasokan bahan baku (direct material), sparepart, dan jasa. Sementara itu, Bizzy.co.id memulai bisnis-nya di bidang pasar indirect material, seperti hardware, software, elektronik, dan supplies.

Roderick Purwana dari SMDV, yang merupakan perwakilan dari investor Bizzy.co.id, menjelaskan bahwa akuisisi Alpha dapat membantu Bizzy.co.id untuk merambah pangsa pasar yang lebih luas dengan potensi peluang bisnis 10 kali lipat lebih besar di pasokan bahan baku, sparepart, dan jasa jika dibandingkan dengan bisnis sebelumnya yang hanya fokus pada indirect material.

“SMDV, Maloekoe Venture, dan Ardent Capital sebagai investor Bizzy.co.id percaya bahwa B2B e-procurement yang komplit (direct dan indirect material) segera menjadi the next big thing di Indonesia setelah e-commerce dan fintech,” jelas Roderick dalam keterangannya, Rabu (10/5).

Secara singkat, Alpha memiliki daya saing yang kuat di platform B2B marketplace untuk bahan baku, sparepart, dan jasa, serta tim yang sangat berpengalaman di jaringan bisnis direct material. Hal itu pun akan menjadi modal yang kuat bagi Bizzy.co.id untuk bertumbuh.

Melalui akuisisi tersebut, teknologi platform B2B Bizzy khususnya untuk e-katalog segera hadir dengan pilihan yang lebih komprehensif, seperti untuk pembelian bahan baku (seperti pupuk, pakan ternak, dan lainnya), sparepart (seperti suku cadang mesin produksi, mesin pesawat, dst), dan jasa (seperti jasa reparasi AC, jasa cleaning, dan lainnya), termasuk indirect material (seperti ATK, komputer, dan lainnya). Teknologi ini juga akan melengkapi berbagai inovasi Bizzy yang telah diluncurkan sebelumnya, seperti B2B Employee Purchase Program dan Corporate Travel Service.

Pada kesempatan yang sama, Bizzy.co.id juga mengumumkan pergantian struktur manajemen yang berbasis kolaborasi dengan menunjuk Andrew Mawikere sebagai chief executive officer (CEO) yang baru. Andrew merupakan founder dan CEO Alpha, yang sebelumnya pernah menjabat sebagai co-founder & CEO Mbiz.co.id.

Dia juga memiliki pengalaman dalam memegang beberapa jabatan penting di perusahaan terkemuka, antara lain Astra International, Temasek, dan JP Morgan. Pada struktur manajemen yang baru, Peter Goldsworthy, yang sebelumnya merupakan CEO Bizzy akan menjabat sebagai president.

Sementara itu, Andrew secara terpisah mengungkapkan passion-nya untuk menciptakan B2B platform yang inklusif yang dapat mentransformasikan konvensional B2B commerce di Indonesia menjadi berbasis digital, sehingga bisa lebih transparan, efisien, akuntabel, terintegrasi dan cost-effective.

“Bizzy.co.id memiliki teknologi dan platform kelas enterprise yang paling inovatif di industri dan memiliki modal talenta-talenta yang unggul yang akan membantu adopsi B2B e-procurement di Indonesia, baik untuk direct dan indirect material, lebih cepat lagi,” tegasnya.

Adrien Gheur dari Maloekoe Venture, menuturkan, sekarang saatnya korporasi (B2B) di Indonesia mempersingkat rantai pasokan, memangkas biaya, dan meningkatkan produktifitas melalui teknologi. (lm)




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT