Lazada Keliling 11 Kota Indonesia Bawa Misi Upgrade UKM

Kiri: Florian Holm, Co-CEO Lazada Indonesia, Ricky Pesik, Wakil Kepala BEKRAF, Wiwin Dewi Herawati, Head of Sales & Marketing SiCepat Ekspres dan artis Shandy Aulia ()

Oleh: Euis Rita Hartati / ERH | Rabu, 9 Agustus 2017 | 22:40 WIB

Jakarta – Lazada, destinasi belanja online nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara, pada hari ini meluncurkan program roadshow #upgradeUKM, sebagai salah satu bagian dari inisiatif #KamuJugaBisa yang diluncurkan beberapa bulan lalu guna memfasilitasi pengembangan potensi UKM Lokal di berbagai daerah Indonesia.

Sejalan dengan pesan Presiden RI, Joko Widodo, terkait pentingnya meningkatan jumlah titik pusat perekonomian baru di Indonesia, Lazada bersama Facebook dan SiCepat akan mengunjungi dan mengedukasi UKM-UKM di 11 kota di Indonesia. Di setiap kota tersebut akan diselenggarakan seminar dan forum edukasi mengenai industri e-commerce dan ekosistem digital beserta potensi-potensi yang dapat diraih di masa depan kepada para wirausahawan, termasuk para pedagang dan UKM setempat.

Florian Holm, Co-CEO Lazada Indonesia, mengatakan,“Tidak hanya di kota-kota besar, Lazada terus mencari, memfasilitasi dan membantu pedagang dan UKM di berbagai pelosok tanah air dalam pengembangan usaha. Kami ingin mendukung pemerintah dalam menciptakan lebih banyak titik digital perekonomian baru di seluruh Indonesia, melalui misi upgrade UKM ini. Apalagi saat ini Lazada menjalankan gratis ongkir, sehingga penjual di berbagai daerah dapat menjangkau pembeli dimanapun tanpa harus khawatir ongkos kirim.”

Sebagai bentuk keseriusan Lazada mendukung UKM, mulai bulan Agustus roadshow #UpgradeUKM akan menjangkau 11 kota potensial di seluruh Indonesia dan menyapa para wirausahawan serta UKM setempat. Jadi kami dapat langsung memberikan edukasi, mengetahui tantangan yang mereka hadapi dan memberikan solusi dalam mengembangkan usahanya.

Konferensi pers hari ini dihadiri oleh Ricky Pesik (Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia), Florian Holm (Co-CEO Lazada Indonesia), Wiwin Dewi Herawati (Head of Sales & Marketing SiCepat) dan Shandy Aulia (influencer & entrepreneur).

BEKRAF sendiri memiliki misi yang serupa dengan Lazada dalam mendukung UKM-UKM kreatif di Indonesia. Pembinaan keterampilan dan kemampuan berbisnis, membantu menyediakan platform-platform berjualan dan mendorong citra dan pemasaran produk adalah 3 fokus utama BEKRAF.

Diharapkan melalui roadshow #UpgradeUKM, lebih banyak UKM kreatif yang terbantu dan terdorong untuk upgrade bisnisnya bahkan hingga level global. Menurut Ricky Pesik, Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF), pihaknya selalu mendukung dan menyambut baik inisiatif sektor swasta untuk merangkul dan membantu UKM di berbagai daerah di Indonesia agar dapat lebih maju, mampu meningkatkan daya saing dan mengembangkan usahanya lebih besar lagi.

“Saya harapkan para pelaku UKM di berbagai daerah, terutama UKM kreatif, memanfaatkan kesempatan yang dihadirkan melalui program #UpgradeUKM ini dengan baik, sehingga dapat lebih sukses lagi usahanya, bangga menjadi wirausahawan dan berkontribusi dalam perkembangan perekonomian daerah juga nasional,” jelas Ricky.

Selama roadshow #upgradeUKM, partisipan akan mendapatkan kesempatan untuk belajar lebih dalam mengenai cara memanfaatkan marketplace online untuk usaha mereka, dan juga kiat sukses dari sejumlah seller yang berpengalaman dan berhasil mengembangkan usahanya di Lazada.

Roadshow ini bertujuan untuk membantu para wirausahawan dan UKM untuk mengembangkan dan memajukan bisnis mereka ke tingkat yang lebih tinggi; khususnya bagi yang sebelumnya hanya berjualan secara offline diharapkan mampu menjangkau lebih banyak konsumen dengan berjualan online; bagi yang semula memiliki usaha berskala kecil dapat meningkatkan kapasitas usaha menjadi menengah atau lebih besar lagi; dan tidak tertutup kemungkinan bagi yang semula usahanya hanya mencakup konsumen lokal suatu saat akan merambah pasar global bersama Lazada.

“Target kami sekarang adalah untuk membantu pedagang lokal atau UKM dari segala macam bidang industri di seluruh Indonesia agar dapat maju bersama-sama tujuan Presiden RI, Joko Widodo dalam hal meningkatkan pertumbuhan ekonomi negeri ini,” ujar Florian Holm menegaskan.

Florian mengungkapkan, sejak beberapa waktu lalu Lazada memberikan fasilitas gratis ongkos kirim kepada para pelanggan. Tujuannya, agar masyarakat semakin semangat terus berbelanja online, khususnya di platform Lazada. Hal ini dilakukan karena didukung oleh 3 gudang Lazada yang berlokasi di Jakarta, Surabaya dan Medan. Jadi, tim Lazada bisa melakukan sendiri packing barang yang diorder konsumen dan mengirimnya kerja sama dengan logistik SiCepat.

Sampai kapan ongkos kirim gratis belanja di Lazada? “Sampai seterusnya akan free dengan berat barang maksimal 7 kilogram dan belanja minimal Rp 50 ribu,” ujar Florian Holm yang optimistis strategi marketing gratis ongkos kirim akan menggenjot berkali lipat penjualan para UKM yang tergabung di Lazada sekitar 30 ribu UKM dari berbagai sektor usaha, seperti garmen, fashion, furnitur, merchandise, food & beverage, dan lainnya.




Sumber:
ARTIKEL TERKAIT