Perkembangan Dunia Otomotif Digital di RI Semakin Dilirik Pengusaha Nasional

TP Rachmat Bersama Jajaran Pimpinan RajaMobil.com (ist)

Oleh: Imam Suhartadi / IS | Jumat, 8 September 2017 | 22:52 WIB

Jakarta – PT Raja Mobil Media pemilik portal otomotif jual beli RajaMobil.com baru saja mendapatkan investor baru untuk mengembangkan bisnisnya di dunia digital. Berkembangnya bisnis dunia digital terutama industri otomotif di Indonesia membuat beberapa investor tertarik untuk membiayai ekspansi dari RajaMobil.com, diantaranya Ideosource dan Stellar Kapital, dua perusahaan venture capital yang sudah memiliki nama di dunia digital.

Tidak hanya itu, keberhasilan RajaMobil.com dalam menjalankan bisnisnya juga berhasil menarik perhatian pengusaha ternama seperti TP Rachmat dari Triputra Group, Boy Thohir, dan Erick Thohir melalui Beyond Media (Mahaka Group) dan beberapa pengusaha otomotif ternama lainnya untuk mengucurkan dana di Rajamobil.com

“Berkembangnya dunia digital terutama di bidang otomotif saat ini, kami berharap masuknya beberapa investor dapat membantu RajaMobil.com menjadi yang terbaik di industri marketplace otomotif Indonesia.” ujar Robert Wardhana, Chairman RajaMobil.com dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/9).

Robert menambahkan, kehadiran RajaMobil.com diharapkan dapat memudahkan calon pelanggan untuk menemukan mobil impiannya melalui website.

TP Rachmat salah satu investor di RajaMobil.com menjelaskan bisnis e-commerce terus berkembang dan di bidang otomotif bisnis seperti ini akan semakin penting di masa yang akan datang.

Parameter untuk maju adalah customer yang selalu menggunakan layanan online seperti Rajamobil.com. Tak hanya TP Rachmat saja yang ikut terpikat dengan RajaMobil.com, Boy Thohir yang sohor sebagai pemilik beberapa bidang usaha besar juga meleburkan diri sebagai salah satu Board Advisor.

"RajaMobil.com merupakan website asli Indonesia yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan” tukas Boy Thohir.

Selain dari beberapa investor yang tersebut di atas, Rajamobil.com juga mendapat support dari konsorsium beberapa dealer ternama yang ikut tertarik menanamkan modal mereka.

Pertama kali dirintis pada 2012, RajaMobil.com merupakan situs yang diciptakan untuk menjawab kebutuhan pasar otomotif yang semakin dinamis dan fasih dalam penggunaan internet.

Sejak tahun 2015, berkembang menjadi platform marketplace mobil baru untuk membantu konsumen melakukan riset mobil baru, spesifikasi, harga serta menemukan penawaran yang dianggap paling cocok untuk konsumen pengunjung situs.

Platform RajaMobil.com memudahkan pengunjung untuk membeli mobil dengan menyajikan banyak promo mobil baru dari sekitar 5000 salesman yang berasal dari 800 authorized dealer di seluruh Indonesia.

Ini membuat RajaMobil.com menjadi marketplace otomotif terlengkap dan aman bagi calon pembeli, mencakup hampir semua brand mobil seperti Toyota, Honda, Daihatsu, Mitsubishi, dan juga brand Eropa seperti Mercedes Benz, dan BMW.

RajaMobil.com menunjukkan konversi penjualan yang siginifikan, tergantung dari negosiasi sales member yang sudah bergabung sebagai rekanan Rajamobil.com.

Dalam setahun terakhir, Rajamobil.com menyumbang penjualan mobil baru lebih dari 1.000 unit, atau sekitar 0,1% dari total penjualan mobil nasional. Dengan rata-rata harga mobil di Rp. 200 juta, maka RajaMobil.com sudah menyumbang penjualan lebih dari Rp. 200 miliar dalam 1 tahun.

Dengan berubahnya perilaku konsumen yang mengandalkan internet dalam riset dan pembelian mobil baru, RajaMobil.com yakin bahwa angka ini akan tumbuh dengan sangat pesat.

“Siapa pun yang bisa menguasai pasar digital otomotif akan merasakan hasilnya ketika perilaku pembelian mobil melalui digital menjadi hal umum. Pasar mobil adalah pasar bernilai lebih dari Rp 200 triliun per tahun, pasar yang belum banyak digarap oleh pemain digital, ” kata Dien Wong, CEO RajaMobil.com.

Hal ini terihat dari   maraknya pemain digital otomotif di Tanah Air, baik dari Malaysia, Singapura, India, maupun Jerman. "Mereka berharap Rajamobil.com dapat menjadi perusahaan startup lokal yang sukses di negeri sendiri,” katanya.

Pendanaan ini diharapkan dapat membantu RajaMobil.com untuk mengukuhkan posisi RajaMobil.com dalam menjadi marketplace otomotif yang terbesar dan terlengkap di Indonesia melalui penguasaan pasar dan pengembangan produk lebih lanjut.




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT