Presiden: Manfaatkan Pasar E-Commerce Lokal Sebelum Mendunia

Joko Widodo. (Antara)

Oleh: Faisal Maliki Baskoro / FMB | Kamis, 28 September 2017 | 12:41 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo meyakini perusahaan-perusahaan e-commerce Indonesia mampu bersaing secara global. Tetapi, semua itu diawali dari pasar lokal.

"Manfaatkan platform global seperti Facebook, Alibaba dan Google. Fokus kita adalah menciptakan inovasi yang unik dan lokal," kata Presiden saat memberikan sambutan acara idbyte 2017 di Hotel Ritz Carlton Pacific Place hari ini.

"Untuk sementara waktu kekuatan kita ada di lokal. Indonesia adalah negara besar, lokal itu juga pasar yang besar. Dengan berlalunya waktu, perusahaan e-commerce kita akan regional dan akhirnya go global. Tahapannya seperti itu," lanjutnya.

Presiden mengatakan strategi pemerintah saat ini adalah memberikan keleluasaan bagi sektor digital untuk melakukan eksperimentasi.

Beberapa hal yang dilakukan pemerintah untuk mengembangkan ekonomi digital antara lain seperti yang dilakukan Kementerian Sosial (Kemsos) mendorong unit Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di 10 kota/kabupaten di Indonesia untuk memasarkan produk lokalnya melalui e-commerce. Agustus lalu, pendiri perusahaan internet raksasa Tiongkok Alibaba Jack Ma menyatakan telah menerima peran sebagai penasihat e-commerce untuk Pemerintah Indonesia.

Pemerintah juga mendukung perkembangan ekonomi digital melalui Peraturan Presiden No.74 tahun 2017 tentang peta jalan sistem perdagangan nasional berbasis elektronik tahun 2017-2019. Road Map e-commerce ini merupakan bukti keseriusan pemerintah dalam mendorong percepatan ekonomi digital yang ditargetkan mencapai US$ 130 miliar pada 2020 mendatang.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT