Loft Orbital Raih Pendanaan US$ 3,2 Juta dari Uncork Capital dan MDI Ventures

Nicko Widjaja. (Istimewa)

Oleh: Faisal Maliki Baskoro / FMB | Selasa, 14 November 2017 | 19:02 WIB

San Francisco - Anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom), MDI Ventures, ikut mendanai seed funding (pendanaan awal) kepada Loft Orbital, perusahaan rintisan (startup) dari Amerika Serikat yang bergerak di bidang penyewaan slot satelit.

Loft Orbital hari ini mengumumkan berhasil meraih pendanaan awal US$ 3,2 juta yang dipimpin oleh Uncork Capital, yang diikuti juga oleh MDI Ventures.

"Kami ingin menjadikan pengalaman mengakses luar angkasa semudah membeli jasa cloud dari Amazon Web Services. Daripada membeli satelit sendiri, klien kami bisa menyewa slot di salah satu satelit kami," kata CEO Loft, Antoine de Chassy, kepada CNBC.

Perusahaan yang didirikan awal tahun 2017 ini berencana meluncurkan satelit pertamanya pada 2019 dan menargetkan meluncurkan 12-15 satelit per tahun. Loft memposisikan dirinya di pasar sensor yang kecil dengan kisaran US$ 1 juta-US$ 2 juta per tahun.

CEO MDI Ventures Nicko Widjaja mengatakan pihaknya sudah lama mengincar investasi di industri luar angkasa dalam dua tahun terakhir ini.

"Kebanyakan perusahaan startup yang bergerak di sektor ini masih di tahap peluncuran awal tetapi Loft sudah berhasil menarik pelanggan. Loft juga bergerak di sektor yang berhubungan erat dengan bisnis Telkom di Indonesia," kata Nicko.




Sumber: CNBC
ARTIKEL TERKAIT