Platform SimpliDots Permudah Proses Distribusi

Platform online SimpliDots. (Beritasatu Photo/Herman)

Oleh: Herman / FER | Selasa, 5 Desember 2017 | 21:58 WIB

Jakarta - Program GnB Accelerator angkatan (batch) ketiga telah berhasil meluluskan enam startup lokal, salah satunya adalah SimpliDots, platform online terintegrasi bagi distributor untuk memudahkan proses distribusi dan meningkatkan efisiensi dari seluruh aktivitas penjualan.

CEO SimpliDots, Jowan Kosasih menyampaikan, ide ini muncul karena dilatarbelakangi oleh panjangnya aktivitas distribusi perusahaan. Melalui inovasi yang dihadirkan SimpliDots ini, perusaan kini dapat memantau seluruh aktivitas sales dan order melalui platform online yang disediakan SimpliDots, tidak lagi menggunakan cara manual yang merepotkan.

"Dengan SimpliDots, perusahaan bisa memantau stok barang di gudang, status keuangan, hingga kinerja salesforce dalam satu  dashboard," ujar Jowan Kosasih dalam keterangan resminya yang diterima Beritasatu.com, Selasa (5/12).

Selain itu, SimpliDots juga berhasil mengembangkan aplikasi mobile yang terintegrasi, sehingga sales perusahaan distribusi bisa menunjukkan promo barang dan melakukan placing order secara online.

"Masalah lain yang sering dihadapi oleh distributor adalah kurir atau driver. Lewat aplikasi ini, perusahaan bisa memantau dan memastikan apakah barang benar-benar disampaikan oleh kurir," tambah Jowan.

Ke depannya, SimpliDots juga sedang mengembangkan fitur data mining, sehingga perusahaan dapat mengetahui barang apa saja yang laku di pasar, serta memprediksi barang yang apa yang akan laku. Dengan begitu, perusahaan bisa mempersiapkan stok barang tersebut.

Sejak dimulai di awal tahun 2017, SimpliDots telah berhasil menggandeng 9 perusahaan sebagai client. Lini bisnis yang dijalankan beragam, namun terutama adalah fast moving consumer goods (FMCG) atau produk yang dijual secara cepat dan murah. Contohnya, kebutuhan sehari-hari seperti makanan, minuman, sabun, dan lain sebagainya.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT