Bisnis Ixobox Mampu Tumbuh 250 %

Bisnis Ixobox Mampu Tumbuh 250 %
Customer melakukan Selfie bersama hairstylist di outlet ixobox h2o Mall Kelapa Gading
Imam Suhartadi / IS Rabu, 10 Januari 2018 | 18:51 WIB

Jakarta - Hingga Desember 2017, jumlah gerai Ixobox dan Ixobox Pro ada 23 outlet yang tersebar di Jabodetabek dan Bandung. Dibandingkan tahun 2016 hingga sekarang, pertumbuhan bisnis Ixobox diklaim mencapai 250%.

“Tahun 2018 kami akan menggenapi outlet Ixobox seluruh Indonesia menjadi 40 cabang,” kata Managing Partner Ixobox, Danny Anthonius dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (10/1).

Dia mengatakan , bisnis haircut house ala Ixobox ini yang dijual adalah ‘experience’ dengan memadukan ‘art, quality, service & technology’ dan harga affordable.

Pelanggan bisa mendapatkan pengalaman gunting rambut di Ixobox yang berbeda dengan di tempat lain. Oleh karenanya pihaknya sejak awal melakukan investasi dengan mengembangkan sistem dan teknologi, termasuk membangun Ixobox Academy untuk mengembangkan dan meningkatkan ketrampilan hairstylist baik hard skill maupun soft skill.

Ixobox tidak hanya dikhususkan bagi kaum pria saja, tapi juga melayani kaum perempuan dan anak-anak yang ingin tampil beda. “Ini sesuai dengan konsep Ixobox yakni A Modern Haircut For Men,Women & Kids, ” kata Danny.

Konsep gunting rambut ala Ixobox ini disebut-sebut oleh berbagai kalangan masyarakat sebagai Gunting Rambut Zaman Now, khususnya di kalangan anak-anak muda.

Mereka memiliki hobi memposting kegiatannya di media sosial, termasuk ketika habis memotong rambutnya di Ixobox.

Bahkan, bukan hanya di kalangan anak-anak muda saja, para profesional dan ibu-ibu pun suka memajang foto-foto mereka dan anak-anaknya selama potong rambut di Ixobox. Model atau gaya potongan rambutnya yang dipilih juga yang gaya kekinian, sehingga mereka menyebutnya gunting rambut zaman now.

“Sulit bagi kompetitor untuk meniru Ixobox. Sebab, Ixobox memiliki konsep yang unik dan pelanggan yang loyal, apalagi dengan diluncurkan Ixobox h2o. Konsep ini merupakan konsep gunting rambut yang menggabungkan teknologi airwash (penghisap udara) dan water (air) ketika membersihkan sisa rambut pelanggan. Ini merupakan yang pertama dan merupakan
satu-satunya sampai saat ini di Tanah Air”, ujar Budi Artawan Partner Ixobox, yang hadir mendampingi Danny.

Konsep Baru

Keunikan Ixobox adalah terletak pada konsepnya yang mengedepankan unsur kekinian, dengan memadukan stylish haircut dengan modern technology lewat Kiosk Machine, ruangan yang mungil dan simpel dengan desain modern minimalist, kesan bersih (higenis) dan nyaman, dengan harga terjangkau namun tetap berkualitas.

”Memang konsumen mendapat paket yang sangat lengkap yakni stylish, higienis, efisien dengan harga terjangkau yang dilayani oleh para hairstylist yang sangat pengalaman ketika gunting rambut di Ixobox,” ujar Danny Anthonius pada saat
memberikan kata sambutan pada peluncuran konsep terbaru Ixobox, dengan merek Ixobox
h2o baru-baru ini di Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Danny menyebut bahwa bisnis gunting rambut selama 2017 di Tanah Air tetap mengembirakan dan tidak terpengaruh oleh penurunan yang terjadi di pasar ritel. ”Salah satu alasannya karena yang kita jual adalah experience, yang tidak dijumpai di tempat lain,” ungkapnya.

Ixobox mengusung konsep gunting rambut gaya kekinian. Gerai Ixobox rata-rata berukuran 25-30m2, pelayanannya hanya trimming (merapikan) dan cutting (gunting) rambut dan waktu yang dibutuhkan untuk proses gunting rambut seseorang adalah sangat efisien yakni kurang lebih 15 menit.

Pembayarannya serba otomatis melalui kiosk machine yang interaktif, serta menggunakan alat Hygenic Box dan Ixoair yang sangat berfokus pada kehigenisan dan kebersihan.

Faktor lainnya, Danny menuturkan, harga Ixobox sendiri sangat terjangkau jika dibandingkan dengan tempat gunting rambut lainnya. ”Sehingga memungkinkan diserap oleh semua kalangan, termasuk kalangan menengah ke atas sendiri,” beber Danny.

Selain menawarkan konsep guntung rambut yang efisien dengan harga terjangkau, Ixobox sangat ketat soal dalam hal kualitas dan kehigenisan. Misalnya lewat penggunaan alat Hygenic Box dan Ixoair yang higenis, juga hairstylist yang sudah sangat mumpuni.

”Karena di Ixobox hanya melayani trimming (merapikan) dan cutting (gunting) rambut, jam terbang dan pengalaman hairstylist Ixobox sangat tinggi,” ungkap Danny.

 



Sumber: Investor Daily