Bukalapak Segera Bangun Pusat R&D Terbesar di Bandung

Bukalapak Segera Bangun Pusat R&D Terbesar di Bandung
Founder sekaligus CEO Bukalapak, Achmad Zaky ( Foto: Beritasatu.com/Herman )
Herman / YUD Rabu, 10 Januari 2018 | 18:33 WIB

Jakarta - Pertengangan 2018 ini, Bukalapak akan membuka kantor teknologi terbesar di Bandung yang menjadi pusat penelitian dan pengembangan (R&D) Bukalapak. Berbagai teknologi terbaru nantinya akan digodok di R&D Center tersebut, sehingga ke depannya bisa digunakan untuk mengembangkan layanan Bukalapak.

Pendiri dan CEO Bukalapak, Achmad Zaky mengatakan pembangunan R&D center ini merupakan bentuk komitmen Bukalapak dalam mengembangkan talenta-talenta lokal, serta memajukan industri di dalam negeri.

"Tahun ini, kita akan buka kantor teknologi terbesar di Bandung. Akan ada riset center tentang Artificial Intelligence (AI), mesin learning, Internet of Things (IoT), dan lainnya yang nantinya bisa digunakan di Bukalapak," kata Achmad Zaky, di acara perayaan 8 tahun Bukalapak, di Jakarta, Rabu (10/1).

Dipilihnya Bandung sebagai pusat R&D Bukalapak juga bukan tanpa alasan. Selain Zaky pernah kuliah di Bandung, tepatnya di Institut Teknologi Bandung (ITB), kota tersebut juga memiliki banyak kampus-kampus teknologi. R&D center tersebut ditargetkan bisa mulai beroperasi pada pertengahan 2018. Harapannya akan ada sekitar 200 engineer lokal yang akan bekerja di kantor tersebut, dan bisa melahirkan teknologi-teknologi inovatif untuk mengembangkan layanan Bukalapak.

"Selama bertahun-tahun, industri IT di Indonesia istilahnya hanya menjadi reseller dari produk-produk luar. Ada software dari luar, kemudian di-install-in di perusahaan dan kita hanya menjadi installer, tidak membuat sendiri. Itulah yang menjadi tantangan kita sebagai perusahan teknologi. Makanya kita wajib mengembangkan talenta lokal untuk menciptakan produk-produk teknologi melalui pusat R&D ini," ujar Zaky.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE