Kemkominfo-Operator Persiapan Sambut Lebaran i

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara

Oleh: Abdul Muslim / GOR | Rabu, 24 Mei 2017 | 16:43 WIB

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menggelar apel siaga kesiapan jaringan telekomunikasi nasional menjelang Ramadan dan Lebaran 2017. Apel melibatkan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI), serta operator seluler, yakni Telkomsel, Indosat, XL, H3I (Tri), SmartFren, SmartTel, serta Sampoerna Telekom.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, apel acara rutin dilakukan setiap tahun untuk meningkatkan layanan jaringan telekomunikasi, khususnya pada musim Lebaran. “Karena mudik merupakan fokus kita semua, selain spesifik jumlah pemudik juga masif," kata Rudiantara saat membuka Apel Siaga Kesiapan Jelang Ramadhan dan Lebaran di Lapangan Kantor Kemkominfo Jakarta, Selasa (23/5).

Dia memperkirakan, terjadi lonjakan jumlah pemudik yang menggunakan pesawat terbang. Sedangkan penggunaan kereta api tidak tinggi lonjakannya karena kapasitas tempat duduknya yang terbatas. Begitu juga, angkutan darat terbatas dari sisi infrastrukturnya. Operator pun diminta mengecek kesiapan jaringan di bandara, pelabuhan, dan terminal bus.

Pengujian (drive test) pada Mei ini pun dilakukan untuk memastikan performa jaringan telekomunikasi dan kesiapan penyiaran, khususnya untuk mengatasi peningkatan dan pergerakan trafik saat mudik dan arus balik Lebaran 2017. Hal itu termasuk kesiapan Kantor Pos dan dukungan kompomen masyarakat terkait, seperti Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) dan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI).

Kegiatan pengujian akan dilakukan pada titik keberangkatan mudik dari Jakarta, Batam, dan Balikpapan. Kedua, pada jalur mudik dan arus balik untuk kereta api dan jalur darat. Terakhir, pengujian jaringan pada titik kedatangan mudik di Surabaya, Bandung, Makassar, Medan, Padang, Lampung, dan Semarang.

Sementara itu, operator telekomunikasi Indosat Ooredoo juga menyatakan kesiapan jaringannya dalam melayani kebutuhan komunikasi pelanggan selama masa Ramadan dan Lebaran, baik untuk layanan data (internet), telepon, maupun layanan pesan singkat (SMS). Selain meningkatkan kapasitas jaringan, Indosat juga memantau jaringan secara nasional melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) yang beroperasi 24 jam dalam 7 hari.

Mendekati sekitar sebulan menjelang Lebaran, Indosat juga akan mengaktifkan command center untuk memantau kualitas jaringan secara lebih intensif guna menjaga kenyamanan pelanggan berkomunikasi dengan sanak keluarga. (lm)




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT