Huawei Gelar Tech Day di ITB dan Unpad

Huawei. (PR)

Oleh: Abdul Muslim / GOR | Senin, 29 Mei 2017 | 10:55 WIB

JAKARTA – PT Huawei Tech Investment (Huawei Indonesia) menggelar Tech Day di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjadjaran (Unpad) sebagai bagian dari roadshow program Huawei SmartGen di berbagai kampus terkemuka di Indonesia.

Hal itu dilakukan untuk berbagi pengetahuan mengenai perkembangan teknologi terkini dan pemanfaatannya bagi sekitar 500 mahasiswa.

Selina Wen, director of public affairs and communication Huawei Indonesia, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan Tech Day kedua dan ketiga setelah sebelumnya digelar di niversitas Gajah Mada (UGM) pada April lalu. Huawei berkomitmen untuk terus mendorong talenta muda menggeluti teknologi informasi dan komunikasi (TIK) agar bisa berpartisipasi dalam membangun perkembangan teknologi di negeri sendiri.

“Dengan adanya infrastruktur TIK yang mapan serta sumber daya manusia yang kuat, tekad dalam mendorong Indonesia menuju masyarakat berbasis teknologi tentunya akan mudah tercapai. Tidak cuma dari nilai ekonomi, tetapi juga pemanfaatan dan perkembangannya,” ujar Selina, dalam keterangannya, akhir pekan lalu.

Kali ini, Huawei mengusung dua tema besar, yaitu SmartGen in Telemotion: Empowering Indonesia to be a Technosociety” di ITB pada 21 Mei 2017 dan SmartGen: The Future of The Internet of Things di UNPAD yang dilaksanakan pada 23 Mei 2017. Program ini mendatangkan pakar, pengamat, dan akademisi di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang terdiri atas dari perwakilan universitas, pemerintah, pemain industri, serta pembicara ahli dari Huawei.

Dengan adanya roadshow tersebut, mahasiswa lulusan ITB dan UNPAD pun diharapkan dapat berkontribusi terhadap kemajuan TIK dan berperan aktif dalam pengembangan serta riset teknologi lokal sebagai upaya membangun technosociety di Indonesia.

Dengan tingkat partisipasi yang tinggi dari para alumni yang akan terjun di industri, Indonesia diharapkan tidak cuma sekedar menjadi pasar potensial, tetapi juga pemain di ranah lokal maupun internasional.

Sementara itu, Dr Jaka Sembiring, MEng, Dekan Teknik Elektro dan Informatika ITB, mengungkapkan bahwa kampus ITB telah memiliki sejarah panjang bekerja sama dengan Huawei. Dia berharap, program tersebut dapat bermanfaat secara maksimal bagi mahasiswa agar ‘terpapar’ dengan teknologi terbaru dan tercanggih, sehingga saat bekerja, mereka tidak mengalami gagap teknologi.

“Hal ini mengingat perkembangan teknologi sangat cepat, sehingga harus selalu ada pembaruan informasi secara berkala dari industri. Besar harapan kami agar Huawei terus mendukung dan meningkatkan hubungan mendalam yang saling menguntungkan,” ujarnya.

Prof Tri Hanggono Achmad, rektor Unpad, menyatakan, kemajuan sains dan teknologi bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga melibatkan berbagai pihak. Tanpa membangun hubungan dengan berbagai pihak, akan menjadi sulit untuk mencapai kemajuan tersebut.

“Teknologi merupakan fasilitas penting untuk mendapatkan dampak secara kesuluruhan untuk menyelesaikan masalah sosio ekonomi di masyarakat. Karena itu, sangat penting untuk UNPAD yang terkenal dengan ilmu sosialnya untuk bekerja sama dengan pemain industri seperti Huawei,” ujarnya. (lm)




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT