Ponsel Murah Banyak Dicari Saat Ramadan

Country Industry Head Google Inc, Henky Prihatna (dok)

Oleh: Emanuel Kure / GOR | Senin, 12 Juni 2017 | 13:52 WIB

JAKARTA – Belanja pada bulan Ramadan tak melulu identik dengan membeli makanan dan pakaian. Ponsel genggam (handphone) pun banyak dicari ditunjang dengan kemudahan yang ditawarkan dalam berbelanja dalam jaringan (online).

"Mendekati tanggal THR (Tunjangan Hari Raya), banyak orang yang cari handphone, minimal naik sampai 1,4 kali," kata Head of e-Commerce Google Indonesia, Google Indonesia Henky Prihatna, saat pemaparan di Jakarta, belum lama ini.

Google Indonesia mencatat, berdasarkan data Ramadan tahun lalu, pencarian mengenai harga dan promosi ponsel pintar naik 1,4 kali lipat saat pekan penerimaan THR. Sedangkan pencarian informasi soal ponsel secara umum naik 1,27 kali lipat saat pekan THR, atau sekitar minggu ketiga di bulan puasa.

Konsumen Indonesia umumnya mencari ponsel kategori low end, berharga di bawah Rp 3,5 juta. Pencariannya naik 1,4 kali dibandingkan bulan biasa. Ponsel di kategori itu yang paling banyak dicari antara lain Samsung J5, Samsung J2, Samsung J7, Oppo Neo 7, Samsung J1, dan Asus Zenfone 2.

Sementara itu, ponsel kategori menengah berharga antara Rp 3,5-7 juta mengalami peningkatan pencarian sebanyak 1,35 kali saat Ramadan. Ponsel pintar yang masuk kategori menengah antara lain Oppo F1, Oppo F1 Plus, Samsung A5, Samsung A3, dan Lenovo A7000 Plus.

Untuk pencarian ponsel high end berharga di atas Rp 7 juta, seperti iPhone 7 dan Samsung Galaxy S7 meningkat 1,25 kali. Menariknya, konsumen belum tentu membeli ponsel kelas high end itu. Banyak juga yang melakukan pencarian di Google hanya ingin mengetahui berapa harga terkini ponsel itu.

Selain menjelang pekan THR, Google Indonesia juga melihat pencarian mengenai ponsel naik seminggu setelah Hari Raya. Henky menduga, pencarian itu dilakukan oleh anak-anak muda yang baru mendapat uang Lebaran.

Cari Produk
Sementara itu, Google juga merilis data-data terbaru terkait perilaku konsumen di Indonesia selama Ramadan. Pada periode ini, masyarakat Indonesia tidak hanya menghabiskan waktu bersama keluarga, tetapi juga lebih banyak berbelanja. Akibatnya, trafik pencarian, atau penelusuran di situs Google terkait informasi produk, promo kartu kredit, cicilan, dan lainnya pada Ramadan 2017 diprediksi naik 30% dibandingkan tahun lalu 28%.

Henky mengatakan, sejalan dengan momen Ramadan, trafik pencarian di Google akan meningkat tajam. “Mereka mencari informasi berbagai produk, promo kartu kredit, cicilan, dan sebagainya untuk dapat dimanfaatkan selama Ramadan. Ini menjadi peluang bagi e-commerce untuk memanfaatkan momen yang ada,” katanya. 




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT