Tower Bersama Giatkan Bank Sampah

ILustrasi PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) (Istimewa)

Oleh: Abdul Muslim / GOR | Jumat, 7 Juli 2017 | 14:37 WIB

JAKARTA – PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) meluncurkan inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) terbaru di bidang lingkungan dengan menggulirkan program Bank Sampah TBIG. Hal itu dijalankan bekerja sama dengan Filantra, sebuah organisasi nirlaba yang bergerak di bidang sosial.

Pengangkutan perdana dilakukan di Kantor Regional Jawa Barat yang ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima sampah elektronik dan operasional kantor untuk dipilah di bank sampah yang dikelola oleh mitra implementasi Tower Bersama.

Penandatanganan berita acara dan pelepasan perdana armada bank sampah dilakukan oleh Regional Manager Tower Bersama Jawa Barat Suhairah Safrianti, belum lama ini. Implementasi program ini pun diharapkan dapat membantu penanganan sampah dengan lebih baik, sehingga dapat berdampak positif bagi lingkungan.

“Selain itu, program bank sampah ini juga memiliki aspek pemberdayaan masyarakat, sehingga mempunyai manfaat lebih,” jelasnya seusai acara peluncuran.

Dalam keterangan persnya yang dikeluarkan perusahaan, Chief Business Support Tower Bersama Lie Si An menyatakan bahwa implementasi bank sampah tersebut merupakan komitmen perusahaan untuk menjalankan operasional perusahaan secara lebih bertanggung jawab.

“Melalui program ini, penanganan sampah di kantor-kantor regional dapat ditangani dengan lebih baik dan memenuhi prinsip-prinsip yang berlaku dalam sistem manajemen lingkungan yang terstandar, seperti reuse dan recycle,” jelasnya, seraya menambahkan bahwa bank sampah dipilih salah satunya dengan mempertimbangkan faktor pemberdayaan kepada masyarakat.

Lie Si An menambahkan bahwa tahun 2017 ini, sebagai tahap awal, konsentrasi penampungan sampah akan di fokuskan di lima kota di Indonesia, yakni Jakarta, Cirebon, Prabumulih, Kediri, dan Makassar.

“Untuk tahap awal, kami baru menerapkan program ini di sebagian wilayah operasional kami. Baru di enam wilayah, yakni Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Makassar,” jelasnya, seraya menambahkan adanya kemungkinan program ini dijalankan secara nasional di seluruh wilayah operasional perusahaan.

Sementara itu, President Direktur Tower Bersama Herman Setya Budi mengatakan bahwa perusahaan yang dipimpinnya akan terus melakukan inovasi-inovasi baru pada bidang tanggung jawab sosial perusahaan. Saat ini, perseroan telah menjalanakan berbagai inisiatif CSR di empat bidang, yaitu kebudayaan, lingkungan, pendidikan, dan kesehatan.

“Kami selalu menekankan pentingnya menjalankan program CSR secara terukur dan berkesinambungan, selain tentunya juga berdampak positif bagi operasional perusahaan,” ungkap Herman, menegaskan. 




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT